Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun dengan Benar dan Efektif - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun dengan Benar dan Efektif

    Dibaca : 3.012 kali

    Bagi para orang tua, cara mendidik anak usia 2 tahun memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya nilai-nilai yang diberikan kepada mereka pada saat golden age akan menjadi pondasi saat mereka tumbuh. Saat baru lahir, otak anak langsung berkembang pesat. Begitu pula ketika mereka mulai tumbuh di usia satu dan dua tahun. Bahkan pada masa ini, otak anak akan sangat aktif menyerap informasi dan hal-hal baru yang mereka alami. Oleh karena itu setiap orang tua harus bisa mendidik anak dengan cara yang benar.

    Banyak cara mendidik anak yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk bisa memberikan pendidikan yang tepat saat anak memasuki usia dua tahun. Agar Anda tidak lagi bingung dalam bagaimana cara memberikan pendidikan kepada anak usia 2 tahun, berikut adalah beberapa contoh yang paling efektif.

    Menunjukkan Kasih Sayang

    Saat anak masih usia 2 tahun, sebisa mungkin jangan pernah menyampaikan perkataan yang keras ataupun kasar. Bersikaplah lemah lembut kepada anak dan berikan kasih sayang yang tulus. Dengan demikian anak akan merasa nyaman dan tidak akan kekurangan kasih sayang. Paling tidak selalu berikan dia pelukan dan ciuman sebagai penguat jiwa bagi si anak. Hal ini juga bisa menjadi hal yang bisa dicontoh oleh si anak ketika ia mulai tumbuh nanti.

    Memancing Kreatifitas Anak

    Cara mendidik anak usia 2 tahun sebenarnya lebih mudah ketimbang mendidik anak yang sudah tumbuh besar. Pasalnya mereka masih bisa mudah diatur dan diberikan arahan. Seiring dengan berjalannya waktu, ajarkan si anak hal-hal yang baru. Selain itu buatlah cara belajar yang menyenangkan supaya si kecil tidak merasa jenuh. Misalnya Anda bisa mengajarinya bermain musik, menari atau memainkan permainan sederhana.

    Ajarkan Sikap Menghormati

    Meskipun baru berusia 2 tahun, namun anak pasti bisa memahami apa yang diajarkan orang tua. Oleh karena itu para orang tua wajib mengajarkan sikap saling menghormati. Bukan hanya kepada orang tua, tapi juga kepada orang lain yang lebih tua ataupun kepada teman sebayanya. Jika sudah ditanamkan sejak dini, maka kebiasaan ini akan terbawa sampai si anak tumbuh dewasa.

    Jangan Menakuti Anak

    Banyak orang tua yang sering menakuti anaknya dengan berbagai tujuan. Misalnya supaya anak berhenti menangis atau supaya anak tidak lagi meminta suatu hal. Meskipun terkadang cukup efektif sebagai jalan pintas, namun cara ini sangat salah. Perilaku ini bisa menjadikan semacam trauma saat si anak mulai tumbuh. Jika terlalu sering ditakuti karena banyak hal, kreatifitas anak akan terkurung dan tidak mandiri.

    Jangan Membohongi Anak

    Selain menakuti anak, orang tua juga sangat dilarang untuk membohongi anak dengan alasan apapun. Meskipun kebohongan yang dilakukan tidak seberapa, namun suatu saat si anak pasti akan menyadari bahwa apa yang dilakukan orang tuanya adalah sebuah kebohongan. Suatu saat ketika ia mulai tumbuh, di otaknya sudah terpatri informasi bahwa kebohongan adalah hal yang lazim, karena orang tua pernah mencontohkan bagiamana caranya berbohong. Ternyata berbohong berdampak panjang bagi pertumbuhan anak usia 2 tahun.

    Ketika membaca teori-teori yang tadi disampaikan, mungkin cara mendidik anak usia 2 tahun terlihat sangat mudah. Akan tetapi sebenarnya sebagai orang tua Anda harus punya kesabaran tingkat tinggi dan strategi khusus untuk mendidik anak dalam usia emas. Selamat mencoba.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.