x

Iklan

Dewa Made

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Teruntuk Para Pemalas, Ini Tips agar Tidak Ketinggalan Pesawat

Memutuskan menjadi pemalas berarti siap untuk mencari cara terefisien agar bisa tepat waktu, termasuk mengakali jam keberangkatan pesawat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saya yakin, hampir di setiap penjuru dunia pasti memiliki manusia-manusia malas.

Dan untuk bertahan hidup, para pemalas ini sebenarnya berpikir lebih keras agar bisa tepat waktu dan tidak menyulitkan orang lain. Ketika memutuskan untuk menjadi pemalas, tentu harus siap dengan konsekuensinya. Bukan begitu?

Bicara mengenai keberangkatan pesawat yang tepat waktu, tentunya bukan sahabat bagi para pemalas. Tapi mau tak mau, pemalas harus bisa menyesuaikan dengan ketepatan waktu itu sendiri. Karena maskapai pesawat tidak mungkin menunda keberangkatan hanya demi seorang pemalas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun orang rajin sekalipun bisa menjadi malas ketika mobilitas keluar kotanya terlampau sering. Rutinitas penerbangan bisa sangat membosankan. Bayangkan: hanya untuk menempuh penerbangan selama 45 menit misalnya, penumpang harus berada di bandara 1,5 sebelum lepas landas. Belum lagi ditambah waktu tempuh dari rumah ke bandara misalnya 1 jam. Ketika harus terbang pukul 5 pagi, paling tidak, kita harus sudah berangkat dari rumah sejak pukul 2.30 pagi! Apalagi jika rumah Anda berada di 'planet lain' seperti Bekasi, males banget kan?!

Namun bagi Anda yang masih memutuskan untuk jadi pemalas, jangan berkecil hati. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dipersiapkan agar terhindar dari insiden ketinggalan pesawat.

  • Manfaatkan web check-in
    Hampir semua maskapai telah menyediakan fasilitas ini. Dengan web check-in, kita bisa menghemat waktu secara drastis. Karena kita tidak perlu mengantri ke counter check-in lagi, dengan catatan bahwa Anda tidak membawa bagasi. Jangan lupa cetak tiket boarding yang didapat dari situs web check-in sebelum ke bandara.
  • Rampingkan bawaan, tinggalkan bagasi di rumah
    Jika Anda yakin bahwa waktu sudah sangat mepet, jangan sibukkan pikiran Anda dengan barang bawaan yang ribet. Semakin ringkas barang yang dibawa, semakin ringan pikiran Anda. Dan fokus akan lebih meningkat.
  • Hemat waktu security check
    Selain tidak membawa barang yang dimasukkan ke bagasi, lepaskanlah semua barang berharga, logam, ikat pinggang, hingga jaket, begitu sampai di bandara dan simpanlah pada satu tempat. Siapkan kartu identas dan tiket. Dengan begitu, yakinlah, proses pemeriksaan keamanan pasti lebih cepat.
  • Jangan ragu menerobos antrean
    Ini adalah dampak pemalas yang paling mengganggu, tapi jika Anda yakin tidak ada waktu lagi untuk mengantri, cobalah minta izin untuk menerobos ketika berada di antrian security check atau counter check-in. Jelaskan bahwa pesawat Anda akan segera berangkat. Kadang, masih banyak orang di negeri ini yang merelakan antriannya demi Anda. Tapi sebaiknya langkah ini dihindari.
  • Teriakkan tujuan Anda
    Ketika waktu check-in sudah hampir habis dan anda masih diantrian. Cobalah teriakkan tujuan keberangkatan Anda sembari memberi sinyal kepada pegawai maskapai. Maskapai yang baik biasanya memfasilitasi penumpang yang belum lapor ke counter check-in apabila penumpang sudah berada di antrian check-in.
  • Berlarilah
    Konsekuensi dari seorang pemalas adalah selalu siap untuk berlari. Berlari menuju security check, berlari menuju counter check-in, berlari menuju gate keberangkatan, atau bahkan berlari menuju pesawat ketika nama anda dipanggil-panggil bagian informasi. Karena itu, latihlah jantung Anda untuk menghadapi situasi seperti ini. Sedikit joging tiap pagi juga akan sedikit membantu.

Paling tidak, itulah tips yang bisa dipersiapkan apabila Anda masih memutuskan menjadi seorang pemalas. Meski delay keberangkatan pesawat di Indonesia bisa berjam-jam, sebaiknya Anda tidak berharap pesawat anda delay ketika telat menuju bandara. Salam semangat untuk para pemalas.

Ikuti tulisan menarik Dewa Made lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB