Jaga Stamina Saat Puasa, Ini Tips Jawara Pencak Silat Dunia - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Parliza Hendrawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 27 Mei 2018 17:09 WIB

Jaga Stamina Saat Puasa, Ini Tips Jawara Pencak Silat Dunia

Dibaca : 905 kali

 

BERPUASA sembari menjalankan aktifitas fisik yang berat bukan halangan. Buktinya, para atlet tetap dapat tampil prima meskipun harus menjalani latihan hingga perlombaan. Pengalaman ini diceritakan oleh Abas Akbar, mantan jawara dunia pencak silat dan peraih mendali di Sea Games. Abas kepada Tempo menjelaskan disaat berbuka ataupun sahur, seorang harus tetap menjaga asupan gizi seimbang. Caranya Makan yang wajib adalah Nasi sebagai karbohidrat dan ada sayur dan ayam atau ikan juga ada susu.

 

"Janngan lupa harus banyak minum air putih," katanya, Sabtu, 26 Mei 2018. Selain itu kata dia, buah-buahan serta vitamin juga harus disiapkan. Menurut jawara dunia di tahun 1992 di Jakarta, 1994 di Thailand dan tahun 2000 di Jakarta ini, selain menjaga pola makan dengan gizi seimbang, dirinya juga meyakini bila berlatih dan bertanding di saat bulan puasa itu memiliki kekuatan tersendiri. Karena berpuasa katanya juga melatih mental dan fisik atlet agar senantiasa kuat. Selain itu dengan berpuasa seorang atlet juga terlatih menahan menahan hawa nafsu dan emosi yang kadangkala menggebu-gebu.

"Biasanya puasanya berat di awal-awal saja," kata pegawai Bank Sumsel Babel ini. Pria kelahiran 6 November 1973 dan telah dikarunia tiga putra-putri ini mengaku disaat puncak kejayaannya di saat muda dulu, ia tidak pernah meninggalkan kewajiban berpuasa meskipun harus menghadapi jadwal latihan dan pertandingan yang berat. Berlatih maupun bertanding dari pagi hingga malam hari tidak menjadi soal. Bahkan katanya, dengan berpuasa jiwa petarung sejatinya akan muncul secara alami.

 

Untuk itulah mantan juara 5 kali Sea Games ini, berharap para atlet yang akan bersiap menghadapi Asian Games nanti untuk tetap semangat berlatih di saat berpuasa. Berkat kedisiplinan dan perjuangan kerasnya juga Abas pernah tercatat sebagai 5 kali juara di Asean Games masing-masing: tahun 1993 di Singapura, 1995 di Thailand, 1997 di Indonesia, 1999 di Brunai Darussalam, tahun 2001 di Malaysia serta jawara di ajang Asia Pasifik tahun 2003 di Filipina. "Tidak akan menjadi kendala kalau kita sudah menjadikannya sebagai kebiasaan," ujar mantan penghuni pelatnas era dari tahun 1992 hingga 2004 ini. (pharliza@gmail.com)

 

  • didi kempot

Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.