Bila Kalahkan Hong Kong, Bima Sakti Layak Tukangi Timnas - Olah Raga - www.indonesiana.id

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 16 Oktober 2018 13:17 WIB

Bila Kalahkan Hong Kong, Bima Sakti Layak Tukangi Timnas

Dibaca : 412 kali

Apakah Bima Sakti, akan kembali mencoba komposisi pemain baru menyusul ada dua pemain yang kembali dipanggil? Dia adalah Abduh Lestaluhu dan Andik Vermansah. Abduh Lestaluhu kembali dipanggil memperkuat Timnas Indonesia setelah hampir dua tahun tak lagi berseragam Merah-Putih. Saat itu, dalam laga  final Piala AFF 2016 kontra Thailand, Abduh sempat membuat kontroversi dengan menendang bola ke arah bench pemain Thailand dan sangat membuat seluruh publik sepakbola yang menyaksikan langsung jalannya pertandingan, prihatin atas kecerdasan personaliti pemain ini.

Sementara Andik Vermansah yang lebih dari satu tahun tidak memperkuat Tim Garuda, kini telah bergabung kembali dengan Evan Dimas dan kawan-kawan. Andik membela Tim Merah-Putih terakhir kali, saat laga persahabatan kontra Fiji di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, 2 September 2018.

Dengan hadirnya wajah lama yang kembali dipanggil itu, diharapkan dalam uji coba terkahir internasional nanti malam, Bima Sakti dapat memutuskan siapa saja pemain yang layak masuk daftar 23 pemain untuk Piala AFF 2018, meski PSSI sudah mendaftarkan 50 pemain kepada panitia Piala AFF.

Kendati kehadiran Abduh dan Andik membuat Bima memiliki opsi untuk mencoba komposisi baru di lini belakang dan sisi sayap, namun seharusnya Bima tidak perlu terlalu banyak mengubah kompisi tim yang lain. Sebab, Timnas Hong Kong datang ke Indonesia sebagai bagian dari persiapan mengikuti babak penyisihan kedua EAFF E-1 Football Championship, yaitu turnamen seperti Piala AFF yang digelar di Asia Timur. Hong Kong akan memulai kiprah dari penyisihan kedua dan memperebutkan satu tiket menuju babak selanjutnya.

Hong Kong yang bergabung satu grup dengan Korea Utara, Mongolia, dan tim tuan rumah, Chinese Taipei, baru saja menelan kekalahan 0-1 dalam laga uji coba kontra Thailand (11/10/2018). Pelatih Hong Kong, Gary White pun, menegaskan bahwa timnya sangat antusias menghadapi Timnas Indonesia. Pelatih ber KTP Inggris itu menegaskan pentingnya laga uji coba tersebut sebagai persiapan ke turnamen sepak bola Asia Timur.

Untuk itu, setelah sukses menang dalam dua laga uji coba sebelumnya dengan mengalahkan Mauritius dan Myanmar, Timnas Senior yang kini bertambah dua pemain baru, berkesempatan ciptakan hattrick kemenangan dengan kembali membungkam lawan Hong Kong yang juga sangat antusias menggulung Timnas Garuda malam nanti di stadion Wibawa Mukti Cikarang Bekasi, Selasa (16/10/2018).

Bagi Timnas Senior sendiri, sejatinya publik sangat berharap agar nanti malam dapat menyaksikan pertandingan, di mana Timnas Senior turun dengan tim utama serta kekuatan terbaik.

Hal ini tak lepas dari dua kali uji coba sebelumnya, Bima juga gemar merotasi pemain yang sebenarnya tidak lagi efektif. Karena pemain yang dicoba, pun diturunkan bersama pemain cadangan lainnya, hingga tak memperlihatkan performa asli pemain, pun tak mendukung kinerja dalam tim.

Nanti malam Bima harus berani hanya menurunkan tim utama dan cadangan maksimal 3 pemain, agar gambaran kekuatan Timnas Senior akan terbaca hingga akhir laga.

Selain itu, laga uji coba terkhir ini,  juga sekaligus dapat menjadi ajang pembuktian Bima cs, bahwa mereka layak dipercaya menukangi Timnas Swnior untuk Piala AFF 2018.

Sehingga PSSI dan publik sepakbola nasional tak perlu menanti dan mengejar kembali Luis Milla.

Meski Bima sebenarnya hanya meneruskan program Milla selama ini, namun Bima pun sah-sah saja melanjutkan program tersebut, karena selama ini sudah berduet dengan Milla.

Semoga Stadion Wibawa Mukti dapat kembali menjadi saksi kedikdayaan Timnas Senior, sekaligus dapat menggaransi Bima cs layak menukangi Timnas Garuda. Amin.

 

  • John Wick

Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.