x

Iklan

SYAHIRUL ALIM

Menulis, Mengajar dan Mengaji
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Ketika Agama Didekonstruksi Lewat Politik Kebencian

Politik kebencian yang belakang merasuki banyak orang, justru seringkai mendekonstruksi nilai-nilai agama

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hiruk pikuk jagat politik jelang Pilpres 2019 hampir tak pernah sepi, dari soal narasi nyinyir yang saling serang, saling menjatuhkan citra lawan politik dan membongkar keburukan-keburukannya, dan yang lebih parah muculnya sederet tokoh agama yang yang juga ikut terjerumus dalam kubangan politik kebencian. Politik tampaknya tak sebatas soal perebutan kekuasaan, namun banyak orang yang tak paham politik, justru ingin tampil lebih dikenal diatas panggung. Politik juga tak sekadar soal menang-kalah, karena itu hal lumrah. Ekspektasi publik terhadap situasi politik, kerap dimanfaatkan oknum-oknum tertentu untuk kepentingan popularitas pribadi, tak peduli walaupun harus menabrak berbagai macam aturan, nilai-nilai sosial-keagamaan, atau bahkan mereduksi nilai-nilai kebaikan politik itu sendiri.

Fenomena politik belakangan cenderung lebih sensitif, bahkan jika sensitivitas itu dapat diukur, tampaknya sudah melewati batas kewajaran yang biasa terjadi dalam ranah politik di negara manapun. Mungkin baru pertama terjadi dalam sejarah Indonesia, ada orang yang berduel di jalanan hingga salah satunya tewas, hanya gara-gara soal perbedaan pandangan pilihan politik. Gelaran kontestasi itu belum juga dimulai, namun getaran dan daya tariknya sudah sangat dirasakan, bahkan sudah sejak lama. Getaran itu berupa rasa tidak suka, kebencian, atau kekhawatiran yang seringkali diaktualisasikan lewat narasi-narasi negatif yang kadang sekadar bentuk reaktif atau spontanitas atas bentuk keterhinaan, kesombongan, ketidaksukaan, atau apapun yang dianggap kontraproduktif dalam suatu realitas sosial-politik. 

Kemunculan dua kandidat yang akan maju meramaikan kontestasi, hampir selalu dicitrakan negatif oleh masing-masing kubu rivalnya. Bukan tidak mungkin, media sebagai agen politik dalam hal memberikan informasi berimbang kepada khalayak, seringkali tunduk pada kenyataan politik: menjadi pendukung atau penolak salah satu kandidat. Netralitas hampir diragukan adanya dalam era kontestasi kali ini, kecuali “bias” yang semakin tampak sehingga memperparah kondisi kepolitikan belakangan ini. Lebih menggelikan lagi, ketika tiba-tiba ekspresi keagamaan menyeruak menjadi alasan keyakinan yang memberangus segala kebaikan politik, seolah-olah mendukung atau menolak salah satu kandidat berdampak pada nilai-nilai keagamaan yang dianut masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Politik yang semestinya dapat lebih menyederhanakan nilai etika dan estetika dalam berdemokrasi, justru semakin diperumit oleh faktor keyakinan agama yang semakin mempertentangkannya. Anehnya, mereka yang dianggap para begawan keagamaan rupanya tak nyaman berada di menara gading, turun gunung dan ikut dalam berbagai atraksi politik yang kadang menakutkan. Jika sebelumnya para begawan ini dikenal sebagai penyampai nilai-nilai sosial dan moral, justru berubah total hanya karena ingin dikenal sebagai pejuang politik-kekuasaan. Mereka tunduk pada kenyataan politik dan harus secara total menghambakan dirinya pada kekuasaan. Nilai-nilai agama yang penuh dengan kebajikan, dimanipulasi hanya sekadar meluapkan keinginannya eksis di dunia politik.

Soal kalah-menang dalam kontestasi politik memang harus diperjuangkan dengan segala macam cara, termasuk bagaimana memanfaatkan narasi agama atau isu-isu keagamaan tertentu agar mampu menarik simpati banyak pihak. Politik seringkali tanpa disadari menjatuhkan martabat siapapun, terlebih mereka-mereka yang dianggap sebagai tokoh agama. Identitas “keulamaan” atau “kehabiban” mungkin saja luntur dari diri seseorang, hanya karena terlampau jauh mengikuti alur “keras” ekspektasi politik. Sayang, jika gelar keulamaan atau kehabiban yang lebih tinggi martabatnya ditengah masyarakat karena itu gelar sosial, lalu harus terjun ke titik terendah, menjadi bahan hinaan dan cacian masyarakat bawah.

Saat ini, politik kebencian telah mendekonstruksi agama bahkan tak berlebihan jika sesungguhnya merekalah yang disebut kitab suci sebagai “para pendusta agama”. Bagaimana tidak, ketika agama mengajarkan harus berkasih sayang dengan sesama, saling menasihati dalam soal kebajikan, peduli kepada yang lemah dan kurang beruntung untuk membantu menaikkan derajatnya, justru sengaja dilupakan dan dibutakan oleh kenyataan perebutan kekuasaan. “Araitalladzi yukadzdzibu biddin?” (Tahukan engkau siapa yang mendustakan agama?). Ayat pertama dari surat al-Ma’un dalam al-Quran ini seakan menyindir mereka yang mengaku tahu agama, tetapi justru mendustakannya.

Beberapa kondisi disebutkan dalam surat diatas yang termasuk kategori pendusta agama, dan salah satunya adalah “mereka yang gemar berbuat riya (ingin dilihat hebat oleh orang lain)”. Saya kira, publik dapat lebih jeli menilai, siapa saja orang yang memang selalu ingin dilihat hebat, dikelilingi banyak pengikut, otoriter, sehingga mereka bangga dan justru kebanggaannya melampaui batas, dengan mencaci, menghina, dan merendahkan orang lain. Mereka lupa, bahwa agama yang semestinya masuk kedalam jiwa menjadi ajaran-ajaran moral, teladan untuk kebaikan umat, malah dipertontonkan sedemikian buruk karena terobsesi kenyataan politik. Agama dalam hal ini didustakan, bahkan diposisikan sangat rendah karena digadaikan demi kepentingan politik.

Tak pantas rasanya, ketika mereka yang mengaku memegang teguh prinsip adat ketimuran, terlebih dianggap sebagai “begawan” keagamaan dengan memikul sederet identitas sosial-keagamaan yang diakui masyarakat, lalu mengeluarkan kata-kata yang sangat menyakiti perasaan orang lain. Yang lebih mengerikan, pernyataan-pernyataan negatif ini justru terlontar disebuah kegiatan keagamaan yang semestinya dapat membuat suasana lebih sejuk karena kegiatan seperti ini jelas membawa nilai-nilai kedamaian bagi para pendengarnya. Politik kebencian yang belakang merasuki banyak orang, justru seringkai mendekonstruksi nilai-nilai agama yang sekadar diperjuangkan demi nafsu kepentingan politik, bukan memperjuangkan kemaslahatan dan kebaikan bersama demi tujuan-tujuan politik yang lebih bermartabat dan berwibawa.

Ikuti tulisan menarik SYAHIRUL ALIM lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB