Lewat Milly dan Mamet, Isu Kekinian Dikemas Secara Jenaka - Seleb - www.indonesiana.id
x

Thomas Jan Bernadus SE

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 27 Desember 2018 19:23 WIB

Lewat Milly dan Mamet, Isu Kekinian Dikemas Secara Jenaka

Dibaca : 304 kali

Sewaktu menonton Ada Apa Dengan Cinta 2, kurang lebih dua tahun lalu, sayasempat berkhayal ada spin off atau penggalan kisah dari salah satu Genk Cinta yang tidak muncul di AADC 2 tersebut. Dia adalah Alya. 

 
Tapi khayalan saya ternyata salah. Setelah hampir dua tahun berselang, yang dibuatkan Spin Off nya adalah tokoh yang mengundang gelak tawa di AADC 2. Siapa lagi kalau bukan Milly. Di AADC 2, Milly digambarkan sudah menikah dengan Mamet.
 
Dari AADC tahun 2003 lalu, Sosok Milly masih diperankan oleh Sissy Priscillia dan Mamet masih sama juga diperankan oleh Dennis Adhiswara. Di AADC 2, juga masih sama. Begitu juga di Milly dan Mamet.
 
Pembuatan Milly dan Mamet ini, bukanlah oleh Mira Lesmana dan Riri Riza yang memang menggarap AADC 2. Ernest Prakasa yang ditugaskan membuat film ini dan diumumkan lewat Instagram. 
 
Oke, mari kita membahas sedikit dari Milly dan Mamet ini. Saya bukan kritikus film. Ini adalah review ala-ala saya, yang suka menonton dan bukan seorang yang piawai dalam membuat movie review. Saya tidak akan spoiler-spolier amat ya.
 
Awal film ini, tidak langsung dikisahkan Milly sudah menikah dengan Mamet. Malahan mereka baru bertemu di sebuah acara reunian SMA mereka. Milly ternyata berpacaran dengan Rama (Surya Syahputra).
 
Karena insiden kecil, akhirnya Milly dan Mamet bisa dekat. Setelah intro film, adegan langsung masuk ke Milly dan Mamet yang sudah menikah dan memiliki anak bernama Sakti. Kalau menonton AADC 2, di bagian akhir film, ada adegan dimana Rangga menggendon anak Milly dan Mamet.
 
Cerita inti dari film ini pun dimulai. Mamet ternyata seorang Chef yang bekerja di pabrik milik mertuanya. Milly yang seorang bankir memilih berhenti bekerja karena mengurus anak. Ini penggambaran situasi yang ada di hampir setiap keluarga. Istri berhenti bekerja karena mengurus anak.
 
Dari sini, cerita mengalir dan konflik mulai hadir. Mamet yang dimarahin mertuanya memilih untuk mundur dan menjalankan pekerjaan sesuai passion dia. Menjadi Chef di sebuah restoran yang didirikan bersama dengan rekan semasa kuliah yang diperankan oleh Julie Esteele. Namanya Alexandra dan dipanggil Alex.
 
Konflik yang digambarkan di sini adalah, ketika Milly ingin bekerja, dan mulai keteteran mengurus anak. Karena ini, Milly dan Mamet terlibat perdebatan. Yap, problem ini yang memang kerap muncul.
 
Konflik lain, ya nggak usah saya ceritakan di sini. Nanti saya dimarahin Ernest dan Meira yang menulis cerita untuk film ini. 
 
Yang menarik dari film ini adalah Ernest memang mampu membuat jokes-jokes plesetan tidak menjadi garing. Sama seperti di film terdahulu, plesetan ini masih muncul. Dan jujur saja ini mengundang gelak penonton termasuk saya. 
 
Ernest juga mampu mengemas film ini lebih kekinian. Misalnya untuk mempromosikan restoran, harus melalui instagram. Di pabrik juga Ernest bahkan menyindir bahwa karyawan yang banyak masuk telat karena setelah pulang bekerja harus menjadi ojek online. Ini kondisi masa kini yang bisa digambarkan oleh Ernest juga.
 
Yang lainnya yang digambarkan oleh Ernest adalah, pengiriman makanan melalui ojek online yang memang menjadi trend belakangan ini. Ernest memang peka dengan isu-isu kekinian. Dan dia mengemasnya dengan jenaka.
 
Hal lain yang sedikit mengganggu saya adalah kehadiran Jojo (Eva Celia Latjuba) dan Rika (Isyana Sarasvati). Sebenarnya Jojo yang menjadi tempat curhat Milly, bisa diperankan oleh Genk Cinta. Begitu juga Rika. Ya tidak harus ada sebenarnya.
 
Tapi secara umum, film Ernest ini menjadi ciri khasnya dia. Komedi Keluarga yang dibungkus dengan konflik dan bagi saya sangat baik untuk ukuran film Indonesia. Saya berani memberikan angka 7 dari 10 lah untuk film ini. Ernest meramu dengan baik. Terus Berkarya ya Ernest.

Sumber foto : youtube.com

  • Salmafina Sunan

Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.