Pantai Tikus, Pantai di Bangka yang Masih Alami dan Indah - Travel - www.indonesiana.id
x

Kris Santi Handayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 12 Januari 2019 11:09 WIB

Pantai Tikus, Pantai di Bangka yang Masih Alami dan Indah

Dibaca : 100 kali

Indonesia memiliki begitu banyak lokasi indah yang begitu menakjubkan. Salah satu lokasi indah yaitu terdapat di Pulau Bangka. Pulau Bangka menyimpan banyak keindahan dan pesona yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Nah, salah satu lokasi indah yang terdapat di Pulau Bangka yaitu Pantai Tikus. Pantai Tikus ini tersembunyi dan berlokasi di Desa Rebo, kel. Kenanga, Sungailiat, Bangka. Indahnya alam di sekitar pantai akan membuat liburan anda lebih bermakna.

Asal Usul Nama Pantai Tikus

Hingga saat ini sebenarnya tidak ada informasi asal usul dari nama Pantai Tikus. Ada yang mengatakan bahwa nama Pantai Tikus itu sendiri diambil karena cukup banyaknya jalan tikus agar bisa sampai ke tempat yang satu ini.

Jalan setapak tersebut konon sering digunakan untuk membawa hasil tambang oleh penambang ilegal ke tepi pantai dengan tujuan untuk diselundupkan melalui jalan laut.

Namun selain itu, ada juga yang mengatakan dahulu terdapat banyak hewan tikus yang berkeliaran di pantai ini. Namun yang pasti, di pantai ini tidak dijumpai satu pun hewan tersebut.

Pesona Pantai Tikus

Pantai Tikus termasuk salah satu pantai yang masih alami dengan segala keindahan di sekelilingnya. Pantai Tikus itu sendiri terdapat beberapa versi nama di antaranya yaitu Pantai Cinta, Pantai Vihara, Pantai Akasia dan masih banyak yang lainnya.

Di Pantai Tikus anda akan menikmati indahnya pemandangan yang mempesona. Di sini anda akan menemukan banyak granit berukuran besar yang berada di sekitar pantai. Di sini juga terdapat tebing terjal yang masih alami dengan jernihnya air berwarna kebiruan. Untuk menikmati keindahan Pantai Tikus, selain dari bibir pantai anda juga bisa menikmati atau mengamati keindahan pantai dan alam sekitarnya dari sebuah Kuil atau Vihara yang terdapat dekat dengan Pantai Tikus.

Vihara yang megah menjadi salah satu daya tarik untuk para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tikus. Megahnya bangunan Vihara serta keindahan yang menawan dari pesona biru Pantai Tikus akan membuat yang melihatnya terpesona.

Di bagian tepi terdapat susunan tebing batu yang membuat Pantai Tikus terlihat semakin indah. Lokasi Pantai Tikus itu sendiri di apit oleh dua pantai yang lainnya.

Fasilitas Pantai Tikus

Meskipun terbilang masih alami, tetapi Pantai Tikus sudah menyediakan berbagai fasilitas yang akan membuat para pengunjung merasa lebih nyaman saat datang ke Pantai Tikus. Akses jalan yang memadai, serta fasilitas permainan sudah tersedia di sini. Selain itu, di Pantai Tikus juga sudah tersedia warung makan yang akan memudahkan anda jika tidak membawa bekal makanan saat berkunjung. Bahkan di sini anda bisa menyewa tenda dengan harga yang cukup murah.

Tidak hanya itu saja, jika anda  ingin menantang nyali anda bisa mencoba wahana air seperti flying fox, ATV, serta layang-layang. Anda juga bisa menikmati liburan anda di Pantai Tikus dengan bermain voli bersama teman-teman. Anda bisa menyewa net dan bola voli di sekitar pantai.

Jika anda ingin berkunjung ke Pantai Tikus, anda jangan sampai tertukar dengan Pantai Tikus Emas. Lokasi kedua pantai ini memang berdekatan dan sering kali membuat banyak orang keliru. Pantai Tikus Emas berbatasan langsung dengan Pantai Tikus.

Nah, jika anda sedang berkunjung ke Bangka, tidak ada salahnya anda menikmati indahnya pesona Pantai Tikus.

 

  • pantai
  • pantai tikus
  • tempat wisata

Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.