Kenawa, Pulau Kecil Nan Indah di Sumbawa Barat - Travel - www.indonesiana.id
x

Kris Santi Handayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 12 Januari 2019 11:27 WIB
  • Travel
  • Pilihan
  • Kenawa, Pulau Kecil Nan Indah di Sumbawa Barat

    Dibaca : 176 kali

    Berbeda halnya dengan Lombok, Pulau Sumbawa tidak terlalu terkenal. Namun, untuk masalah potensi wisata, Pulau Sumbawa juga tidak kalah hebat. Bagi para wisatawan yang sudah mengetahui keindahan Pulau Sumbawa, mereka mungkin tidak akan berhenti untuk mengunjungi tempat lainnya di Pulau Sumbawa. Pulau-pulau di sekitar Pulau Sumbawa keindahannya tidak perliukita ragukan lagi. Beberapa pulau seperti Pulau Kenawa dan Pulau Moyo sudah lama dikenal, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

    Nah, untuk anda yang penasaran seperti apa pesona Pulau Kenawa, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang Pulau Kenawa. Pulau yang tidak berpenghuni dengan luas 15 hektar dan garis pantai yang membentang sekitar 1.73 km. Terletak di Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

    Pulau Kenawa, Sumbawa Barat

    Pulau Kenawa merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni. Meskipun begitu, pulau ini menarik untuk dikunjungi saat kamu sedang liburan. Meskipun Pulau Kenawa tidak seluas dibandingkan dengan pulau lainnya, tetapi pulau ini dijamin tidak akan mengecewakan. Di sini kamu akan disuguhkan pemandangan yang begitu indah dan mempesona. Hamparan padang savana, perbukitan dan warna air laut yang biru akan membuat kamu terpana saat berkunjung ke pulau ini. Pulau ini masih terbilang sepi, sehingga kamu bisa menikmati keindahan alam tanpa keramaian. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pulau ini. Kamu bisa berenang, snorkeling hingga berkemah.

    Mulai dikenal oleh para wisatawan saat Pulau Kenawa dijadikan sebagai setting film Serdadu Kumbang. Hamparan pasir putih sepanjang garis pantai dan padang rumput yang luas, serta suasana yang tenang akan membuat kamu betah-betah untuk tinggal di sini. Saat musim penghujan, padang rumput akan terlihat kehijauan. Sedangkan saat musim kemarau padang rumput tersebut akan berubah menjadi kekuningan.

    Apa yang Membuat Pulau Kenawa Istimewa?

    Beberapa hal yang membuat Pulau Kenawa istimewa yaitu seperti berikut:

    Snorkeling

    Buat kamu yang hobi snorkeling, kamu bisa melakukannya di Pulau Kenawa. Keindahan laut Pulau Kenawa masih sangat terjaga. Di sini kamu akan merasa puas melihat terumbu karang yang berwarna-warni serta aneka jenis ikan.

    Tempat Berkemah yang Asyik

    Bukan hanya di gunung saja, kamu bisa berkemah di Pulau ini untuk menikmati suasana yang berbeda. Di sini suasanya begitu tenang karena memang tidak berpenghuni. Suara ombak lautan akan menjadi suasana yang berbeda.

    Menikmati Sunrise dan Sunset

    Di Pulau Kenawa terdapat bukit. Kamu bisa mendaki bukit ini. Di bukit ini terdapat lokasi yang bisa kamu jadikan tempat untuk menikmati keindahan matahari saat terbit dan terbenam. Namun, kamu harus berhati-hati saat mendaki bukit ini karena cukup miring dan jalannya cukup licin.

    Selain beberapa hal di atas, Pulau Kenawa juga memiliki keindahan Hutan Mangrove.

    Tidak Ada Penginapan di Sekitar Kenawa

    Pulau Kenawa tidak berpenghuni sehingga tidak ada fasilitas yang memadai. Kamu jangan mengharapkan adanya hotel, villa dan resort. Di sini hanya terdapat saung kecil yang letaknya di tengah-tengah bukit.

    Itulah pesona dan keindahan Pulau Kenawa, di Pulau Sumbawa. Bagaimana apakah kamu tertarik datang ke tempat yang satu ini? Pemandangan Pulau Kenawa yang menakjubkan akan membayar rasa lelah kamu untuk sampai ke pulau ini. Kamu bisa merencanakan liburan bersama keluarga atau teman-teman kamu ke pulau yang satu ini.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.