x

Iklan

Mutiara Azizah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Indahnya Mekaar Bersama Jokowi

Program Mekaar merupakan layanan pemberdayaan melalui pembiayaan berbasis kelompok bagi perempuan pra sejahtera.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indahnya Mekaar Bersama Jokowi

Oleh :

Mutiara Azizah

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Perempuan Indonesia saat ini patut berbangga hati. Pengakuan atas peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan semakin nyata.  Pemerintah mendorong perempuan menjadi pelaku pembangunan di semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara.  Salah satu contoh bidang ekonomi melalui program Mekaar (membina ekonomi keluarga sejahtera) PNM yang telah sukses dijalankan di berbagai daerah dan telah memberikan kontribusi nyata peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

 

•             Kesejahteraan Meningkat Ketimpangan Berkurang

 

Program Mekaar merupakan layanan pemberdayaan melalui pembiayaan berbasis kelompok bagi perempuan pra sejahtera.  Selain memberikan pinjaman modal, program Mekaar juga memberikan pendampingan dan pembinaan berupa penanaman budaya usaha yang penuh dengan kejujuran, disiplin, kerja keras, kerukunan, kekeluargaan dan gotong royong.   Melalui Mekaar diharapkan kaum perempuan atau ibu-ibu pra sejahtera bisa memiliki usaha produktif  untuk meningkatkan kesejahteraan, membangun kemandirian dan ketahanan ekonomi keluarga.

 

Program Mekaar menjadi bukti bahwa negara hadir untuk memperbaiki kehidupan masyarakat ekonomi lemah terutama kaum perempuan pra sejahtera.  Mengurangi ketimpangan sosial dengan mendorong sistem perekonomian yang terintegrasi, yaitu tidak hanya kuat dikalangan menengah tetapi juga kuat dikalangan bawah.  Setiap anggota Mekaar diharapkan mampu mengembangkan usahanya, sebab dalam pendampingan dan pembinaan dilakukan indoktrinasi usaha atau penanaman nilai-nilai penting dalam berusaha.  Program Mekaar PNM dimulai sejak tahun 2015, dan hingga Januari 2019 telah memiliki nasabah sebanyak 4.133.598 orang, dengan 1.770 kantor cabang, yang menjangkau 3.861 kecamatan, 270 kabupaten, 30 provinsi. 

 

•             Usaha Sukses Mandiri Rumah Tangga Sejahtera

 

Perempuan merupakan aset bangsa yang potensial dan kontributor yang signifikan dalam pembangunan ekonomi, baik sebagai agen perubahan maupun subyek pembangunan.  Membantu perempuan mengembangkan potensinya dalam bidang usaha adalah upaya mempersiapkan mereka berpartisipasi dan berperan aktif mendorong perubahan ekonomi dan sosial dalam masyarakat. Membangun perempuan artinya membangun masa depan Indonesia.

Salah satu indikator meningkatnya kesejahteraan rumah tangga adalah adanya keberdayaan atau kemandirian perempuan di bidang ekonomi. Hal ini tercermin saat perempuan mempunyai usaha dan pendapatan secara mandiri, menjadi kaum terdidik, mempunyai hak-hak kepemilikan, serta memiliki akses pembiayaan usaha. Partisipasi perempuan dalam pertumbuhan ekonomi  sangat penting, tidak hanya untuk menurunkan tingkat kemiskinan di kalangan perempuan, tetapi juga sebagai pondasi yang kokoh di sektor lain. Perempuan cenderung menanamkan kembali lebih dari 90% pendapatannya pada sektor kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan keluarga. Sehingga dengan meningkatkan perekonomian perempuan maka secara langsung akan meningkatkan perekonomian nasional.

 

•             Dompet Tebal Terisi Keluarga Bahagia

 

Mekaar PNM merupakan wujud nyata keberpihakan pemerintah bagi masyarakat kecil dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi.  Ini adalah program Presiden Jokowi yang menginginkan seluruh masyarakat Indonesia bisa menjadi bagian dari perbankan, agar keuangan inklusif bisa terjadi di masyarakat yang paling bawah.

Program Mekaar ditujukan untuk menstimulasi pengembangan usaha perempuan guna penanggulangan kemiskinan, meningkatkan pendapatan keluarga, meningkatkan keterampilan usaha serta mengintegrasikan perempuan pra sejahtera ke berbagai sumber pembiayaan.  Melalui program Mekaar kaum ibu-ibu pandai berusaha dan meningkatkan tambahan pendapatan keluarga.  Kebutuhan pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, terpenuhi dompet pun tetap tebal terisi. Keluarga bahagia, senyum kaum ibu pun merekah.

 

•             Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

 

Mekaar adalah harapan. Harapan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan sosial. Harapan untuk mewujudkan terfasilitasinya akses masyarakat bawah untuk mendapatkan modal usaha tanpa mensyaratkan adanya jaminan. PNM Mekaar adalah jawaban bagi seluruh harapan tersebut. Mekaar memberikan permodalan langsung kepada kelompok perempuan pra sejahtera untuk membuka usaha atau memulai kembali usahanya setelah mengalami kegagalan. Pemberian modal usaha dilakukan dengan membentuk kelompok usaha yang beranggotakan 30 orang.

 

Bantuan Mekaar tidak hanya pinjaman modal tetapi juga pendampingan dan pembinaan usaha.  Tujuannya agar nasabah Mekaar berkomitmen untuk terus meningkatkan dan menumbuhkan keinginan untuk berwirausaha.  Jujur, disiplin dan kerja keras menjadi modal utama setiap nasabah. Jujur dalam melakukan usahanya, disiplin dalam kehadiran disetiap pertemuan dengan kelompok dan juga mengangsur pinjaman serta kerja keras untuk terus mengembangkan usahanya.

 

•             Pandai *_Menabung_* Masa Depan *_Gemilang_*

 

 

Indahnya Mekaar bersama Jokowi. Masa depan keluarga Indonesia terjamin, hidup sejahtera, dan punya usaha mandiri. Setiap keluarga bukan hanya mampu mencukupi kebutuhan sandang, pangan,  papan saat ini tetapi juga mulai menggalakkan budaya menabung untuk jaminan masa depan yang jauh lebih baik dan sejahtera. 

 

Semoga ke depan Mekaar semakin berkembang dan lebih banyak kelompok perempuan pra sejahtera yang bisa menikmati hasil nyata program tersebut. Tentu keberlanjutan program Mekaar sangat bergantung pada keberlanjutan pemerintahan Jokowi pada periode 2019 – 2024. 

 

Penulis adalah Ibu Rumah Tangga, Pemerhati Masalah Sosial dan Politik

Ikuti tulisan menarik Mutiara Azizah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu