x

Iklan

Mutiara Azizah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mekaar Wujudkan Mimpi Jadi Nyata

Di era Jokowi keinginan rakyat kecil memiliki usaha bukan lagi sebatas mimpi. melalui Mekaar PNM rakyat kecil bisa pinjam modal usaha tanpa agunan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mekaar Wujudkan Mimpi Jadi Nyata

Oleh :

Mutiara Azizah

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Tak pernah terbayangkan sebelumnya, rakyat kecil yang papa bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dari perbankan tanpa jaminan/agunan.  Dulu, ini hanya sebatas khayalan, sebatas mimpi penghias tidur, sebatas angan yang tak bertepi atau sebatas harapan kosong di kala si “papa” mulai lelah dan berputus asa dengan kehidupannya yang tak pernah beranjak membaik.  Pinjam modal usaha di bank menjadi sesuatu yang mustahil bagi mereka, sebab tak memiliki apa-apa yang bisa dijadikan sebagai jaminan atau agunan.

 

Namun di era Jokowi, keinginan rakyat kecil tersebut bukan lagi sebatas mimpi, atau sebatas angan dan khayalan belaka.  Jokowi, sosok presiden yang datang dari rakyat jelata, presiden yang berasal dari “wong cilik” sehingga paham betul bagaimana kondisi riil masyarakat bawah. Jokowi mewujudkan mimpi dan harapan rakyat kecil menjadi kenyataan melalui program Mekaar PNM.

 

  • Komitmen Jokowi Sejahterakan Rakyat Kecil

 

Mekaar merupakan program Presiden Jokowi yang ditujukan untuk mengangkat harkat dan martabat rakyat kecil melalui pemberdayaan.  Mekaar memberikan pinjaman modal usaha tanpa jaminan bagi rumah tangga pra sejahtera.  Tak hanya memberikan pinjaman modal usaha tanpa agunan, tetapi program Mekaar juga memberikan pendampingan dan pembinaan usaha bagi anggotanya. Hal ini bertujuan agar seluruh nasabah Mekaar PNM mampu mengembangkan usahanya dengan baik, sehingga nantinya bisa mendapatkan pinjaman modal usaha yang jauh lebih besar untuk memperlebar skala usaha.

 

Mekaar PNM dilakukan di seluruh wilayah Indonesia sejak tahun 2015.  Tahun 2019, kelompok usaha binaan Mekaar PNM sudah menikmati keberhasilan usaha dan mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi.  Presiden Jokowi sangat terkesan dengan kerja keras, disiplin dan semangat yang dimiliki oleh kelompok ibu-ibu Mekaar dalam mengelola usahanya. 

 

Ibu-ibu Mekaar bukan hanya mampu bekerja keras, disiplin dan jujur tetapi juga mampu bekerja cerdas.  Hal ini dibuktikan dengan kemampuan ibu-ibu Mekaar dalam memilih jenis produk dan mengemas produk tersebut sehingga menarik dan inovatif.  Keyakinan Presiden Jokowi bahwa rakyat kecil sebenarnya memiliki etos kerja, keuletan, kecerdasan dan kreatifitas yang baik hanya saja mereka membutuhkan support dari pihak lain dalam hal ini pemerintah.  Hal yang mereka butuhkan adalah akses permodalan, akses informasi, akses ilmu pengetahuan dan inovasi.  Untuk itulah Mekaar PNM hadir sebagai salah satu bukti komitmen Jokowi terhadap pemberdayaan masyarakat ekonomi lemah.

 

  •  PNM Mekaar Bekasi

 

Saat ini Mekaar PNM Bekasi memiliki 26.354 orang anggota/nasabah dengan jumlah kelompok  2.030 yang dibina oleh 179 pendamping, dan 12 kantor cabang.  Jenis usaha yang digeluti atau dibuka oleh ibu-ibu Mekaar Bekasi sangat beragam. Diantara jenis usaha tersebut adalah warung kelontong/pop ice; jajanan pasar seperti kue pasar, gorengan, kripik, sosis, dan es kelapa ; warteg, nasi uduk, lauk mateng; dagang ikan, telur asin; dagang baju yang dijual dengan sistem cicil; bertani; nelayan; dan asesoris.  Semua jenis usaha ini masih dalam skala sangat mikro dengan pinjaman modal 3 juta rupiah.  Namun, ke depan usaha-usaha mikro yang dikelola oleh ibu-ibu Mekaar Bekasi ini diharapkan bisa semakin maju dan bisa menjadi agunan untuk pinjaman modal yang jauh lebih besar lagi melalui KUR.

 

Bagi anggota kelompok Mekaar Bekasi, program ini sangat membantu dalam meningkatkan ekonomi keluarga mereka.  Jika dulu untuk makan sehari-hari saja mereka susah, saat ini mereka bisa memenuhi semua kebutuhan keluarganya. Manfaatnya telah mereka rasakan secara nyata, yaitu dengan memiliki usaha mandiri kehidupan mereka semakin produktif, ekonomi rumah tangga semakin membaik, semakin sejahtera, memiliki simpanan uang.  Kondisi ini berdampak pada pendidikan anak yang semakin terjamin, kesehatan dan gizi keluarga terpenuhi, serta rumah tangga semakin harmonis. 

 

Selain itu, hadirnya Mekaar PNM bisa mengurangi ketimpangan sosial dalam masyarakat, meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan mempersiapkan masa depan setiap keluarga Indonesia menjadi lebih baik.  Mekaar PNM mendorong setiap anggotanya untuk menabung agar masa depan jadi beruntung bisa memberikan warisan untuk anak dan cucu.  Tetapi, semua keberlanjutan program Mekaar di seluruh wilayah Indonesia akan sangat ditentukan oleh keberlanjutan pemerintahan Presiden Jokowi pada periode 2019-2024. 

 

*Penulis adalah Ibu Rumah Tangga, Pemerhati Masalah Sosial dan Politik

Ikuti tulisan menarik Mutiara Azizah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu