x

Iklan

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Cara Fungsi, Cara Kerja dan Harga Total Station

Secara keseluruhan pemahaman alat ukur total station ialah alat pengukuran yang memiliki nilai praktis makin serta pasti pelaksanaan pengukuran akan lebih cepat selesai.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Total station adalah instrumen optis/elektronik yang dipakai dalam pemetaan serta konstruksi bangunan. Total station adalah teodolit terpadu dengan elemen pengukur jarak elektronik electronic distance meter (EDM) untuk membaca jarak serta kemiringan dari instrumen ke titik khusus.

Secara keseluruhan pemahaman alat ukur total station ialah alat pengukuran yang memiliki nilai praktis makin serta pasti pelaksanaan pengukuran akan lebih cepat selesai.

Alat ukur total station adalah kemajuan tehnologi di bagian pengukuran. Pada konsepnya di antara theodolit dengan total station mempunyai cara kerja yang sama tetapi dari sisi efektivitas serta kecanggihan lebih baik alat ukur total station. Beberapa pemahaman alat ukur dan juga harga total station berlainan tetapi pada konsepnya semua sama.

Fungsi Total Station

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Beberapa fungsi dari total station ini ialah

  • Alat yang ringkas sebab perlengkapan elektronik ukur sudut dan jarak (EDM) menyatu dalam 1 unit.
  • Data Dapat disimpan dalam media perekam. Media ini ada yang berbentuk on board/internal, external (elect field book) atau berupa card/PCMCIA card hingga peluang salah cata tidak ada.
  • Dapat melakukan beberapa hitungan jarak datar, beda tinggi dan lain-lain di alat.
  • Dapat jalankan program-program survey, contoh : tujuan arah, seting out, hitungan luas dan lain-lain. Potensi ini bergantung dengan tipe alat ukur total station.
  • Total station dengan tipe "high end" diperlengkapi dengan motor penggerak serta diperlengkapi dengan ATR (Automatic Sasaran Recognition), serta pengenal objek automatis (prisma).
  • Untuk keseluruhan station dengan tipe khusus dapat mengeliminir kekeliruan-kesalahan seperti kolimasi HZ & V, kekeliruan diametral, revisi refraksi, dan lain-lain. Hingga data yang didapatkan benar-benar tepat.
  • Mempunyai ketelitian serta kecepatan ukur pojok serta jarak jauh lebih bagus dari theodolit manual serta meteran khususnya untuk pengukuran peta keadaan.
  • Total station diperlengkapi dengan laser plummet, amat ringkas serta reflector-less EDM ( EDM tanpa reflector).
  • Data secara elektronis bisa dikirim ke PC computer serta diolah jadi peta dengan program mapping.

Total station

Prinsip Kerja Total Station

Alat ukur total station adalah perangkat elektronik yang dilengkapi dengan piringan horizontal, piringan vertikal, serta elemen pengukur jarak. Dari ketiga primer ini (pojok horizontal, pojok vertikal, serta jarak) dapat didapat nilai koordinat X, Y, serta Z dan beda tinggi. Data-data itu direkam dalam ingatan serta setelah itu dapat ditransfer ke computer untuk diolah menjadi kontur tanah.

Rekomendasi Pemakaian Total Station

Seharusnya alat ukur total station dipakai untuk pengukuran tata batas baru, baik tata batas rimba atau tata batas dengan faksi ke-3 seperti juga pinjam gunakan serta ganti mengganti teritori rimba. Seharusnya keseluruhan station dipakai untuk pengukuran berulang-ulang. Untuk contoh rekontruksi batas teritori rimba, dimana data awalnya didapat dari pengukuran memakai keseluruhan station .

Harga Total Station

Harga total station berkisar antara Rp. 30 jutaan sampai dengan ratusan juta bergantung merek serta detail total station, kecuali jenis yang beragam macam, total station ada dengan beberapa pilihan merek dan beberapa pilihan harga total station, dari mulai harga yang cukup murah sampai yang mempunyai harga yang lumayan mahal serta tentu saja mempunyai kualitas serta fitur yang bagus. Buat Anda yang ingin beli atau cari total station.

Dengan berbagai pilihan harga dari tipe yang berbeda-beda dari merek ternama seperti TOPCON, NIKON, SOKKIA, LEICA, PENTAX, SOUTH, GOWIN, serta yang lain. Membeli keseluruhan station saat ini , serta nikmati keringanan belanja total station dengan cara online cuma di IndoGeotech. Jual Total Station Harga murah & Garansi Resmi.

Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu