x

Iklan

Mutiara Azizah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kerja Nyata Wujudkan Kesejahteraan Sosial

Selama pemerintahan Jokowi, berbagai program pengentasan kemiskinan telah dilakukan baik bersifat afirmatif maupun pemberdayaan ekonomi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kerja Nyata Wujudkan Kesejahteraan Sosial

(Menuju Debat Kelima Pilpres 2019)

Mutiara Azizah 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Empat setengah tahun, Jokowi telah bekerja nyata mewujudkan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.  Beragam program afirmasi telah digulirkan untuk mengentaskan kemiskinan dan mengurangi ketimpangan.  Mulai dari KIP, KIS, PKH, Bantuan Pangan Non-Tunai, hingga Kredit Usaha Rakyat sebagai upaya penguatan UMKM.

Program-program tersebut telah dirasakan manfaatnya oleh jutaan rakyat Indonesia. Contohnya Kartu Indonesia Pintar (KIP), hingga tahun 2018 penerima KIP mencapai 13,2 juta siswa dengan anggaran Rp 12,5 Triliun dan target 18,9 juta siswa. Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) mencapai 9,8 juta keluarga dari target 10 juta keluarga dengan anggaran 17,4 Triliun. Penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) mencapai 92,2 juta orang dari target 92,4 juta orang dengananggaran 25,5 Triliun.

Ini adalah bukti komitmen Jokowi dalam memberikan akses kepada rakyat kecil atau kelompok marginal untuk mendapatkan pelayanan baik dibidang kesehatan, pendidikan, maupun kesejahteraan.

Selain itu, untuk mengentaskan pemerintahan Jokowi melakukan pemberdayaan ekonomi keluarga seperti program Mekaar yang hingga Januari 2019 telah memiliki nasabah sebanyak 4.133.598 orang yang tersebar di 30 provinsi. Komitmen Jokowi juga terlihat dari upaya menurunkan Suku Bunga KUR, dari 9%menjadi 7% ditahun 2018 bagi UMKM.

Selain melalui berbagai program yang berkaitan langsung dengan kemiskinan, pemerintah juga berupaya untuk meningkatkan daya beli masyarakat dengan menjaga stabilitas harga pangan yang ditunjukan dengan nilai inflasi yang terus terjaga selama empat tahun terakhir.

Program penanggulangan kemiskinan yang dijalankan pemerintahan Jokowi tersebut telah terbukti efektif mampu membebaskan 2,06 juta jiwa dari kemiskinan dalam kurun waktu empat tahun.  Artinya program-program tersebut berdampak positif memperbaiki kehidupan masyarakat kelompok bawah.   

Periode kedua, Jokowi-Maaruf Amin akan lebih mengoptimalkan program-program perlindungan sosial agar manfaatnya bisa dirasakan maksimal oleh masyarakat.  Langkah konkrit yang akan dilakukan adalah melanjutkan reformasi sistem subsidi agar lebih tepat sasaran  dan lebih luas jangkauannya serta memperhatikan penciptaan multiplier effect bagi ekonomi UMKM.

Oleh sebab itu, tetap dukung Jokowi untuk bekerja dan mengabdi pada Negeri. Dukung Jokowi agar dapat terus bekerja nyata dan seluruh program pengentasan kemiskinan tetap berkesinambungan.  17 April 2019 hanya ada satu pilihan, suara rakyat selalu nomer satu (01) untuk Indonesia maju.

 

#OptimisIndonesiaMaju

 

*) Penulis adalah Ibu Rumah Tangga, Pemerhati Masalah Sosial dan Politik

Ikuti tulisan menarik Mutiara Azizah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler