x

Iklan

Mutiara Azizah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Melanjutkan Reformasi Sistem Perlindungan Sosial

Fokus utama Jokowi-Maaruf Amin 2019-2024 dalam bidang kesejahteraan sosial adalah melanjutkan & mengembangkan reformasi sistem jaminan perlindungan sosial

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Melanjutkan Reformasi Sistem Perlindungan Sosial

(Menuju Debat Kelima Pilpres 2019)

Mutiara Azizah

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Secara gradual angka ketimpangan pendapatan selama era pemerintahan Jokowi terus menurun. Pemerataan pun terus membaik. Angka rasio gini mencapai 0,389 pada Maret 2018. Untuk pertama kalinya dalam sejarah republic Indonesia angka kemiskinan menurun hingga mencapai level satu digit. Pada Maret 2018 tingkat kemiskinan tercatat sebesar 9,82%.

Oleh karena itu, fokus utama Jokowi-Maaruf Amin kedepan adalah melanjutkan reformasi sistem jaminan perlindungan sosial melalui 5 langkah konkrit sebagai berikut: 

1). Menjaga daya beli melalui stabilisasi harga kebutuhan pokok dan meningkatkan pendapatan masyarakat

2). Melanjutkan reformasi sistem penyaluran bantuan sosial seperti KIP, PBI JKN-KIS, PKH, Bantuan Pangan NonTunai sehingga lebih sederhana, transparan, tepat sasaran, terintegrasi, serta memperhatikan penciptaan multiplier effect bagi ekonomi UMKM.

3). Memperkuat Program Keluarga Harapan melalui peningkatan besaran manfaat dengan target sasaran yang tepat.

4). Perluasan sasaran Bantuan Pangan Non Tunai secara bertahap.

5). Melanjutkan reformasi sistem subsidi agar lebih tepat sasaran

 

Jokowi-Maaruf Amin juga akan terus memperkuat pengawasan dan evaluasi untuk meningkatkan ketepatsasaran program dan mengoptimalkan manfaat untuk rakyat. Disamping itu, pemerintah juga akan meningkatkan efektivitas pembinaan dan pengawasan, sehingga kualitas tata kelola anggaran menjadi lebih baik, transparan, akuntabel, efektif dan efisien.

Tidak ada yang bisa menjamin pemerintahan berikutnya akan memiliki kepedulain pada kehidupan rakyat kecil, jika bukan Jokowi. Ingatlah betapa negara pernah abai pada kehidupan rakyat kecil di masa lalu. Rakyat hanya dijadikan legitimasi kekuasaan tanpa pernah dihiraukan kehidupannya. Partisipasi dan saluran aspirasi pun ditutup sedemikian rupa. Demokrasi dikebiri, rakyat dipinggirkan dari seluruh proses pengambilan kebijakan publik.

Lalu apakah saat ini kita ingin mundur ke belakang dan kembali ke masa-masa kelam dimana rakyat kecil selalu tersingkir? Apakah kita ingin, rakyat hanya didatangi setiap lima tahun sekaliketika suara rakyat dibutuhkan untuk melegitimasi kekuasaan dan status quo ?.

Tentu kita semua TIDAK INGIN !Hanya Jokowi yang bisa memberikan harapan pasti.  Hanya Jokowi sosok presiden yang telah terbukti peduli dan memiliki keberpihakan nyata pada rakyat kecil. Hanya Jokowi, Presiden yang selamakepemimpinannyaselalu berkeliling keseluruhpenjuruTanah Air hingga ke pelosok Negeri untuk melihat dan mendengar langsung permasalahan dan harapan rakyatnya. Hanya Jokowi, Presiden yang mau blusukan untuk mengetahui kondisi riil masyarakat di bawah. 

Hanya Jokowi, Presiden yang terbukti membuka semua saluran partispasi publik mulai dari perencanaan hingga evaluasi kebijakan. Hanya Jokowi yang berusaha memperkuat peran dan keterlibatan rakyat dalam setiap pelayanan publik.Hanya Jokowi Presiden yang selaluterbuka pada keluhan dan bekerjauntukrakyat.

Empat tahun pemerintahanJokowi, banyak jiwa terbebas dari kemiskinan.  Rakyat telah merasakan manfaat beragam program perlindungan sosial yang telah dijalankan Jokowi. Lihatlah..saat ini anak-anak usia sekolah mulai dari kota hingga pedalaman bisa mengenyam pendidikan, rakyat semua lapisan bisa berobat, kaum ibu bisa membeli susu, ibu hamil gizinya terjamin, rakyat yang terpenuhi kebutuhan dasarnya.

Karena itu, jangan biarkan Jokowi dipisahkan dengan rakyat. Tetap dukung Jokowi untuk bekerja dan mengabdi pada Negeri. Dukung Jokowi agar program-program untuk rakyat tetap berkesinambungan. 

17 April, rakyat adalah penentu masa depan bangsa ini. Satukan cita-cita, satukan harapan, satukan pilihan, untuk Indonesia maju. Hadirlah di TPS, gunakan hak pilih, jangan pernah golput. Suara rakyat adalah Nomer Satu.

 

*Penulis Adalah Ibu Rumah Tangga, Pemerhati Masalah Sosial dan Politik

Ikuti tulisan menarik Mutiara Azizah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu