x

Iklan

Aditya Harlan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Lawan Golput Ala Forum Pegiat Medsos Independen

Golput menjadi kekhawatiran dalam setiap kontestasi pemilu baik dalam Pilkada maupun Pemilu nasional yaitu Pileg atau Pilpres.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Golput menjadi kekhawatiran dalam setiap kontestasi pemilu baik dalam Pilkada maupun Pemilu nasional yaitu Pileg atau Pilpres. Golput merupakan masalah sekaligus musuh utama dalam pemilu. Bukan cuma karena masyarakat apatis, tapi sisa surat suara karena Golput khawatir disalahgunakan . Jika Golput cukup tinggi dalam kontestasi Pemilu maka legitimasi dari Pemilu itu sendiri menjadi kurang berkualitas dan selanjutnya dapat menjadi celah bagi pihak-pihak tertentu untuk mempolitisasi hasil Pemilu.

Golput bukanlah sebuah pilihan. Golput hadir dari rasa pesimistis dan apatisme sekelompok orang terhadap calon pemimpin dan kondisi lingkungan. Gerakan Golput ini juga tidaklah membawa perubahan yang baik bagi kondisi politik Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Atas pemahaman diatas, Forum Pegiat Media Sosial Independen (FPMSI) dengan berbagai aksi kreatif terus mengajak masyarakat menyambut dan.mensukseskan Pemilu dengan antusias tinggi dan rasa riang gembira. Dengan demikian, semoga angka Golput dapat ditekan. Berikut 3 tips mengajak teman, kerabat dan masyarakat agar tidak Golput, Tips ini diberikan oleh Koordinator Nasional FPMSI Hafyz Marshal.

 

1.         Hilangkan Pikiran Negatif

Stigma bahwa Politikus adalah ‘kotor’ dan tidak baik masih menjadi salah satu faktor di antara banyak faktor yang mampu menurunkan partisipasi pemilih di masyarakat.

“Saya tidak sependapat dengan mereka yang mengatakan para politikus semuanya kotor. Saya masih yakin ada orang-orang bersih di sana meski jumlahnya tidak banyak dan bisa membuat ’bersih’ momentum Pemilu inilah seharusnya dimanfaatkan.untuk.memilih sebanyak-banyaknya politisi.bersih bersih agar dapat memimpin dan mewakili “ujar Hafyz.

Oleh karena itu melalui proses demokrasi ini, pastikan dirimu terlibat dalam Pemilu ini. Pilihlah caleg-caleg dan Presiden yang mampu mengayomi masyarakat kedepan.dan.mau bekerja keras untuk rakyat yang diwakilinya.

 

 

2.         Katakan Tidak, Pada Yang Mengajak Golput

Dengan menolak, berarti sudah menyelamatkan masa depan Bangsa, karena Golput seperti mengabaikan satu fakta bahwa masih ada kelompok masyarakat cerdas lain dalam tatanan demokrasi selain mereka. Sikap Golput seolah-olah melihat tidak ada lagi jalan keluar dan memandang cuma mereka saja yang punya konsepsi ideal. Lalu ketika konsep ideal tersebut tidak bisa diterapkan, terus menyalahkan realitas di lapangan.

 

3.         Bersikap Aktif

“Kalau ada konten yang terverifikasi ya distribusikan. Tapi kalau ada konten bohong, ya nggak usah disebar. Kalau ada konten yang menghina, abaikan kalau perlu laporkan. Setidaknya, sebagai milenial, berusaha aktif dan menjadi filter saja lah lebih dulu” Kata Hafyz.

Aktif yang dapat dilakukan memutus mata rantai supply dan demand, agar narasi negatif yang menyasar bisa berkurang. Lalu cara untuk memutus mata rantai tersebut adalah jangan diam dan bersikap aktif.

 

Dalam kadar tertentu Golput merupakan sikap pengecut, tanda orang yang mengalah, dan merupakan pertanda orang yang sudah putus harapan. Jadi mulai sekarang Ayo Aktif !

Senada dengan ucapan Hafyz, Ketua Forum Pegiat Media Sosial Independen (FPMSI) Rusdil Fikri mengingatkan agar publik tanah air turut serta, meramaikan dan memilih pemimpin yang memiliki rekam jejak terbaik, dan sudah jelas kerjanya nyatanya.

"Kita masih butuh pemimpin yang track record baik, bersih, jujur dan tidak korupsi serta bekerja dengan keras dan baik serta tulus. Lalu yang terpenting sudah jelas kerja nyatanya untuk Indonesia," tuturnya.

Rusdil Fikri Juga berharap Pemilu 2019 pada 17 April nanti dapat berjalan damai., berkualitas dan bermartabat.

"Stop Ajakan Golput di Pilpres 2019, Jangan Takut Memilih dan Datang Ke TPS untuk gunakan hak suaramu dengan jernih dan cerdas. Mari bersama sama menjaga situasi kamtibmas yang aman, damai dan nyaman. Pileg dan Pilpres 2019 damai rakyat pun ikut tenang," tutup Ketua FPMSI Rusdil Fikri dalam keterangan persnya (15/4).

Ikuti tulisan menarik Aditya Harlan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler