x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Koramil 0815/07 Jetis Bangun 16 Unit Jamban Sehat

Mojokerto, - Kodim 0815 Mojokerto beserta Koramil jajaran secara serentak melaksanakan program jambanisasi bagi keluarga kurang mampu. Kegiatan ini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, - Kodim 0815 Mojokerto beserta Koramil jajaran secara serentak melaksanakan program jambanisasi bagi keluarga kurang mampu.  Kegiatan ini merupakan program dari Komando Atas pada Semester 1 Tahun Anggaran 2019 yang dikemas dalam bentuk Karya Bakti Gema Sang Juara.

Seperti di wilayah Koramil 0815/07 Jetis, program jambanisasi menyasar sejumlah 16 keluarga kurang mampu khususnya yang belum memiliki jamban yang tersebar di delapan desa wilayah Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto.    

Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Sasminto, saat dikonfirmasi, Selasa (16/04/2019), mengatakan, pembangunan jamban sehat bagi keluarga kurang mampu ini sebagai salah satu upaya dalam membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Ini bentuk peran serta TNI di wilayah (Koramil, -red). Ini aksi nyata dalam pembinaan teritorial yang dilaksanakan melalui Bakti TNI dalam rangka pembinaan wilayah demi tewujudnya ketahanan wilayah,” ucap pria kelahiran Lengkong, Mojoanyar.

Dijelaskannya, sejumlah 16 jamban sehat tersebar di Desa Perning 2 unit, Desa Jetis 2 unit, Desa Mlirip 3 unit, Desa Canggu 1 unit, Desa Sidorejo 1 unit, Desa Penompo 3 unit, Desa Bendung 1 unit, dan 3 unit di Desa Mojolebak.

“Pengerjaaan jamban ini dilakukan anggota TNI dari Koramil 0815/07 Jetis bersama dengan warga penerima bantuan dan masyarakat setempat sejak awal April dan ditargetkan dalam pekan ini tuntas. Dilibatkannya masyarakat dalam pengerjaan jamban ini bertujuan untuk memantapkan Kemanunggalan TNI – Rakyat,” ungkapnya.

Danramil berharap, melalui pembuatan jamban keluarga ini, akan membantu menghentikan kebiasaan buang air besar sembarangan (BABS) sehingga tercipta lingkungan yang sehat dan nyaman, dan dengan sendirinya derajat kesehatan masyarakat akan semakin meningkat.

Salah satu warga penerima bantuan jamban sehat, Ibu Raminten (65), Dusun Perning Desa Perning saat disambangi Danramil beberapa waktu lalu, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan jamban sehat untuk keluarganya.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak-bapak TNI dari Koramil Jetis yang telah membangun jamban bagi keluarga kami,” ucap perempuan yang sehari-hari berprofesi sebagai buruh tani.

Ungkapan senada juga disampaikan Pak Untung (75) warga Dusun Gedang Desa Mlirip. “Kami sangat senang mendapat bantuan jamban keluarga dan terima kasih untuk bapak-bapak TNI dari Koramil Jetis”, ungkapnya.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB