x

Iklan

Mutiara Azizah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Jokowi-Maaruf Amin Menang Mutlak

Jokowi-Maaruf Amin menang mutlak dalam pilpres 2019

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mutiara Azizah

 

Hasil quick count dan exit poll menunjukkan pasangan Jokowi-Maaruf Amin menang mutlak, mengungguli Prabowo-Sandiaga Uno.  Jokowi-Maaruf Amin memperoleh 55 % suara, dan unggul di lebih setengah jumlah provinsi di Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Menurut UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 7/2017 tentang Pemilu, Presiden adalah representasi rakyat mayoritas dan daerah.

 

Ini artinya kemenangan yang diperoleh pasangan Jokowi-Maaruf Amin sah (legitimate) dalam proses demokrasi.  Sebab syarat yang harus diperoleh pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk memenangi pemilu presiden, adalah : 

 

1? Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden mendapatkan suara lebih dari lima puluh persen (50%) dari jumlah suara dalam pemilihan umum.

 

2? Sedikitnya memperoleh dua puluh persen (20%) suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari setengah jumlah provinsi di Indonesia.

 

Disamping itu, tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 sangat tinggi. Tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019 mengindikasikan tingkat kesadaran politik dan pengetahuan masyarakat terhadap pemilu 2019 juga tinggi. Hal ini tercermin dari antusiasme masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan ikut menentukan sejarah perjalanan bangsa  ke depan.

 

Tidak ada alasan untuk menolak apalagi mendelegitimasi hasil pemilu. Sebab semua proses telah berjalan dengan baik, jujur, adil dan independent serta kemenangan yang diperoleh pasangan Jokowi-Marruf Amin memenuhi syarat menurut konstitusi. Oleh karena itu semua pihak harus menerima dan menghormati hasil pemilu.

 

Bangsa Indonesia patut berbangga hati, sebab Indonesia telah mencatat sejarah baru dalam perjalanan pesta demokrasi.  Dimana Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) dilakukan serentak.  Ini adalah pemilu terbesar dan paling rumit sepanjang sejarah.  Namun bisa berjalan dengan baik.

 

Selain itu, kesuksesan penyelenggaraan  pemilu 2019 menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk menjadi contoh negara-negara di seluruh dunia dalam membangun peradaban demokrasi yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

 

Pesta demokrasi lima tahunan yang menjadi hajat Bangsa Indonesia telah sukses diselenggarakan. Kemenangan Jokowi-Maaruf Amin adalah kemenangan seluruh rakyat Indonesia.  Kini...Mari kita kembali berSatu untuk membangun Indonesia Maju dan Sejahtera.

 

Ikuti tulisan menarik Mutiara Azizah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB