x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 2 Mei 2019 11:53 WIB

Babinsa Kedungmaling Dampingi Petani Tebar Benih Padi

Mojokerto,– Babinsa Koramil 0815/03 Sooko Kodim 0815 Mojokerto Serma Miftahur Rahman melaksanakan pendampingan tebar benih padi varietas Mamberamo di lahan


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, – Babinsa Koramil 0815/03 Sooko Kodim 0815 Mojokerto Serma Miftahur Rahman melaksanakan pendampingan tebar benih padi varietas Mamberamo di lahan milik H. Suyono, anggota Poktan Surya Sari, Dusun/Desa Kedungmaling, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (23/04/2019). 

Menurut Serma Miftahur Rahman, persemaian atau pembibitan benih padi tersebut dilakukan di lahan berukuran 15 x 30 meter untuk persiapan tanam padi di lahan seluas 5.000 meter atau 0,5 hektar.  Setelah 21 hingga 25 hari dari tebar/sebar, benih padi ini sudah bisa dicabut dan siap tanam.

Masih kata Babinsa, sebelum persemaian, terlebih dahulu dilakukan pengolahan lahan dengan menggunakan traktor tangan (hand tractor). Pembajakan lahan ini dilakukan sebagai tahapan yang harus dipersiapkan para petani sebelum masa tanam tiba. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Melalui pembajakan lahan ini maka proses pembalikan dan penggemburan tanah dapat berlangsung maksimal sehingga tanah menjadi lebih gembur dan subur serta dapat ditanami tepat waktu, ketika bibit padi siap pindah tanam,” terangnya.

Pada kesempatan berbeda, Danramil 0815/03 Sooko Kapten Inf Hari Subiyanto mengungkapkan, kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa merupakan aksi nyata dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan demi membantu petani dalam mewujudkan swasembada pangan di wilayah.

“Pendampingan terhadap petani ini merupakan tugas tambahan yang harus dilakukan para Babinsa terhadap petani di wilayah binaan masing-masing,” terang Danramil.   

“Kendati hanya tugas tambahan, namun tentunya kegiatan ini harus dilaksanakan dengan senang hati dan penuh semangat, sebagai bentuk tanggung jawab Babinsa dalam mendukung dan mensukseskan swasembada pangan yang diprogramkan pemerintah,” pungkasnya.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu