x

Iklan

Ulfah Ulfah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Mei 2019

Rabu, 8 Mei 2019 14:01 WIB

Parenting: Pentingnya Peran Orang Tua terhadap Anak dalam Bermain Gadget di Era Milenia


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ulfatus Syafa'ah
Mahasiswa Akuntansi FE Unissula
Sri Dewi Wahyundaru
Email: sridewi@unissula.ac.id

 

Di era globalisasi ini teknologi semakin berkembang dengan pesatnya. Salah satu teknologi yang populer adalah gadget,gadgetctidak asing lagi pada zaman sekarang ini. Gadget membantu mempermudah segala urusan manusia . Penggunaan gadget tidak lagi untuk orang dewasa saja melainkan anak -anak pun sudah pintar menggunakan gadget. Di sini tentunya perlu peran orang tua dalam mengawasi anak -anaknya dalam bermain gadget,orang tua harus bersikap tegas dan bijak pada anak-abaknya dalam memberikan alat komunikasi tersebut. Jika gadget digunakan secara bijak ,maka gadget dapat bermanfaat bagi anak sebagai media pembelajaran . Jika penggunaan gadgetctidak terkontrol oleh penggunanya akan sangat berbahaya untuk tumbuh kembang anak . Berikut dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget:
A. Dampak positif
1. Sebagai media belajar
Anak -anak yang menggunakan gadget berteknologi canggih akan memperoleh informasi mengenai bahan pembelajaran dari internet yang ada di gadget dengan mudah dan cepat.
2. Sarana komunikasi dan silaturahmi
Dengan adanya gadget orang dengan mudah berkomunikasi , didalam gadget terdapat sosial media yang bermanfaat untuk silaturahmi dengan sesama teman dan memperkuat persahabatan.
B . Dampaknegatif
1. Menyebabkan kecanduan
Ketika anak lagi asyik bermain gadget biasanya mereka lupa untuk makan sehingga asupan nutrisi mereka kurang. Kecanduan gadget juga akan berdampak terhadap kepribadian anak dan biasanya mereka tertutup dan susah bersosialisasi.
2. Gangguan tidur
Pada saat malam hari sebaiknya orang tua tidak memberi izin anak main gadget. Anak-anak lebih suka main game sehingga waktu tidur anak tetganggu,di sini peran orang tua sangat penting untuk mengawasi anak -anaknya.
Harapan : Semoga para orang tua lebih bijak lagi untuk memberikan gadget kepada anak -anaknya untuk menunjang prestasi mereka. Orang tua harus mengawasi anak -anak nya dalam menggunakan gadget agar mereka tidak terjerumus kedalam pergaulan yang tidak baik dalam dunia maya dan tidak kecanduan gadget.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Ulfah Ulfah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

2 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB