Meng-Optimalkan Penggunaan Website Pemerintah, untuk Raih Keuntungan - Gaya Hidup - www.indonesiana.id

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 8 Mei 2019 14:22 WIB

Meng-Optimalkan Penggunaan Website Pemerintah, untuk Raih Keuntungan

Dibaca : 101 kali

Rina Wahyu Septiana

Mahasiswa Akuntansi FE Unissula

Sri Dewi Wahyundaru

(emails: sridewi@unissula.ac.id)

 

Instansi Pemerintahan berbasis Sistem Teknologi Informasi menjadi sangat penting diera milenial seperti sekarang ini. Teknologi informasi merupakan teknologi yang digunakan untuk mengolah data seperti membuat, mengubah, menyusun, memanipulasi, dan menyimpan data. Sehingga dihasilkan sebuah informasi yang akurat, tepat waktu dan bermanfaat bagi pengguna informasi. Seperti halnya sebuah instansi pemerintahan yang memanfaatkan website E-Goverment sebagai sebuah media informasi online yang digunakan untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi mengenai pemerintah. E-Goverment dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, dan administrasi publik untuk meningkatkan efisiensi internal, pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.

Telah di jelaskan dalam Instruksi Presiden No. 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government, yang mana berangkat dari pemikiran tentang pertimbangan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam proses pemerintahan yang diyakini akan meningkatkan efesiensi, efekstifitas, transparansi serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Perlu adanya timbal balik dari masyarakat untuk menjadikan website yang dinamis. Masih banyak masyarakat yang bersifat pasif dalam hal ini. Masyarakat yang tidak begitu mempedulikan website pemerintah. Padahal kita akan menuai banyak keuntungan jika kita mampu mengoptimalkan penggunaan website pemerintah. Adapun beberapa keuntungannya yaitu :

  1. Menikmati pelayanan servis yang lebih baik. Informasi disediakan 24 jam, 7 hari dalam seminggu tanpa harus dibukanya kantor. Dan informasi dapat dicari dari mana saja, tanpa harus datang secara fisik dikantor pemerintah.
  2. Meningkatkan keterbukaan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis dan masyarakat, sehingga menghilangkan rasa kecurigaan.
  3. Mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah .
  4. Dapat memberi masukan mengenai kebijakan yang dibuat pemerintah, sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah

Hampir semua instansi pemerintahan mempunyai website resmi yang dapat diakses dimanapun. Dengan kita memaksimalkan penggunaan website tersebut, maka akan terciptanya pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabilitas dalam menyelenggarakan pemerintahan. Dan juga dapat menghemat waktu, karena tidak perlu datang langsung ke kantornya. Mulailah menggunakan website pemerintah dengan bijak, untuk menjadikan pemerintahan yang efektif dan demokratis.

  • John Wick

Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.