Peran Mahasiswa dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 - Viral - www.indonesiana.id

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 13 Mei 2019 09:50 WIB

Peran Mahasiswa dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0

Dibaca : 19 kali

Saat ini dunia memasuki era baru yang disebut dengan era revolusi industri 4.0. Istilah industri 4.0 merupakan perubahan mendasar corak sosial masyrakat secara singkat dalam kegiatan ekonomi industri terkait segala sektor ekonomi industri. Revolusi industri 4.0 sebenarnya juga sudah mulai berjalan di Indonesia. Terbukti dengan hadirnya beberapa aplikasi yang telah memudahkan masyarakat, karena bisa melakukan atau mendapatkan sesuatu hanya dalam satu genggaman smartphone.

Revolusi industri generasi keempat merupakan tantangan besar untuk mahasiswa saat ini. Mahasiswa sebagai tunas bangsa yang akan menjadi ujung tombak bangsa ini untuk menghadapi perubahan industry yang kita hadapi sekarang ini dan di masa depan. Tantangan besar ini bisa menjadi potensi besar untuk membangun gerakan mahasiswa. Akan tetapi, juga dapat menjadi ancaman untuk gerakan mahasiswa. Itu semua tergantung bagaimana kita melihat, mengolah dan menghadapinya. Apabila mahasiswa zaman ini gagal beradaptasi dan membangun strategi, maka revolusi industri generasi keempat ini dapat menjadi suatu ancaman yang nyata.

Faktor utama yang perlu ada dalam menghadapi revolusi industry 4.0 adalah mahasiswa mempersiapkan diri dengan baik berupa keterampilan dan kompetisi yang harus tetap secara konsisten di tingkatkan. Atau dengan kata lain mahasiswa yang kritis, kreatif, komunikatif, bisa berkolaborasi. Mahasiswa juga harus lebih serius dalam mengimbangi perubahan teknologi yang sangat pesat ini agar dapat bersaing nantinya di dalam dunia kerja sebagai imbas dari revolusi era industri 4.0 ini. Pergerakan mahasiswa saat ini masih monoton mengandalkan aksi turun kejalan/demonstrasi. Sedangkan zaman semakin hari semakin berubah dan terus maju. Lantas timbul pertanyaan, apakah gerakan mahasiswa saat ini masih relevan dan mampu beradaptasi menghadapi revolusi industri generasi keempat?

Aksi-aksi turun kejalan dari mahasiswa harus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya. Tentunya aksi yang bermartabat dan sesuai dengan aturan perundang-undangan. Aksi turun kejalan mahasiswa bertugas untuk membela kepentingan masyarakat terhadap kesewenangan yang dilakukan oleh penguasa. Sebab mahasiswa berperan sebagai penyambung lidah masyarakat. Membuat arah baru pergerakan adalah pilihan yang harus dilakukan mahasiswa agar tidak tersingkir dari perkembangan zaman. Malahan dengan adanya revolusi industri 4.0 ini sebenarnya memberikan begitu kemudahan bagi mahasiswa dalam menentukan arah baru pergerakan mahasiswa. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi ini nantiya membuat pergerkan mahasiswa lebih tertata, lebih menarik dan kreatif. Berikut contohnya :

1. Pertama, dalam aspek perencanaan mahasiswa akan lebih mudah mendapatkan informasi-informasi atau berita-berita terbaru terhadap perkembangan situasi bangsa terkini. Mahasiswa juga harus mampu menyaring segala informasi yang ada agar tidak terjebak kedalam informasi yang palsu/hoax.

2. Kedua, era revolusi industri 4.0 ini memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam menyusun strategi penyebarluasan isu-isu sentral kepada masyarakat.

3. Ketiga membuat lebih mudah dalam menggalang massa. Selain itu juga hasil yang dicita-citakan dalam aksi tersebut akan lebih mudah dicapai jika peserta aksinya banyak.

Melalui ketiga poin diatas, gerakan mahasiswa akan lebih mampu untuk memberikan peran dan kontribusi nyata untuk masyarakat sesuai dengan kebutuhan zamannya. Akan tetapi, itu semua tidak akan pernah terwujud apabila hal yang paling fundamental dari gerakan mahasiswa tidak dibenahi, yakni masalah eksklusivisme dan gerakan mahasiswa yang tidak solid dan mudah dipecah belah. Oleh sebab itu, dengan bersatu maka kita dapat memanfaatkan semua peluang tersebut sehingga gerakan mahasiswa masih relevan sesuai dengan perkembangan zaman dan dapat memberikan manfaat yang nyata untuk masyarakat.

  • Aksi Mahasiswa

Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.