Keutamaan Surat Al-Mulk Sebagai Pencegah Siksa Kubur - Analisa - www.indonesiana.id
x

Arya Fx

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Juni 2019

Kamis, 20 Juni 2019 12:18 WIB
  • Analisa
  • Pilihan
  • Keutamaan Surat Al-Mulk Sebagai Pencegah Siksa Kubur

    Dibaca : 229 kali

    Surat Al-Mulk termasuk surat yang agung dalam Alquran. Kita diperintahkan untuk selalu membacanya. Orang-orang yang menghafalnya akan dijaga dari siksa kubur.

    Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda.

    إِنَّ سُوْرَةً فِى الْقُرْآنِ ثَلاَثِيْنَ آيَةً شَفَعَتْ لِصَاحِبِهَا غُفِرَ لَهُ تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُ».أخرجه الإمام أحمد وأصحاب السنن الأربعة ، وقال الترمذي : هذا حديث حسن.

    Sungguh sebuah surat dalam Al Quran yang jumlah ayatnya 30 ayat (diizinkan) untuk memberi syafaat kepada seseorang sampai ia diampuni, surat tersebut adalah surat Tabarak. (Hadis riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi)

    Al-Manawi menjelaskan, bahwa dirinya selalu membacanya dan surat tersebut senantiasa memohonkan ampun kepada Allah sampai Dia mengampuninya. Ini suatu perintah bagi setiap orang agar selalu membacanya sehingga mendapatkan syafaatnya.

    Syekh Abdul Muhsin Al-Abbad menjelaskan, hadis ini menunjukkan keutamaan surat Al-mulk. Surat ini diizinkan Allah subhanahu wa ta'ala untuk memberikan syafaat kepada orang yang membacanya pada hari kiamat.

    Keutamaan bahwa surat ini diizinkan memberi syafaat kepada yang membacanya tidak berkaitan dengan waktu siang atau malam. Namun makna yang jelas adalah ketika yang membacanya menaruh perhatian khusus pada surat ini, memelihara hukum-hukumnya, menghafal, memahami dan membacanya di dalam shalatnya.

    Abdullah Bin Masud berkata, barang siapa yang membaca surah Tabarak (Al-Mulk) setiap malam, Allah akan melindunginya dari siksa kubur dan kami pada masa Rasulullah saw. menamakannya surat pelindung (penghalang).

    Al-Manawi berkata dalam At-Taisir menegaskan, surat Al-Mulk akan menghalanginya jika yang membacanya telah meninggal dunia dan dikuburkan maka ia tidak disiksa di dalamnya.

    Abu Hasan Al Mubarakfuri rahimahullah berkata, artinya membaca surat ini ketika di alam dunia menjadi sebab keberhasilannya pada alam setelahnya yaitu alam kubur.

    Jabir radhiallahu anhu menuturkan bahwa Nabi saw. tidak tidur sampai beliau membaca Alif Lam Mim Tanzil dan Tabarokalladzi biyadihil Mulk.

    Oleh karena itu diharapkan untuk membaca dan menghafal surat ini, karena akan mendapatkan keutamaan yang agung tersebut. Yaitu sebagai pemberi syafaat dengan izin Allah, melindungi dari azab.

    Wallahua’lam

    Hafiziazmi.com


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.