x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 3 Juli 2019 15:29 WIB

Resep Cara Membuat Oseng Cumi Cabai Ijo Sederhana yang Praktis

Salah satu cara membuat masakan cumi yang enak adalah dengan mengolahnya menjadi oseng sedap cabai ijo. Kreasi masakan yang satu ini akan dapat anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa resepnya? Mari simak informasinya di bawah ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu cara membuat masakan cumi yang enak adalah dengan mengolahnya menjadi oseng sedap cabai ijo. Kreasi masakan yang satu ini akan dapat anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa resepnya? Mari simak informasinya di bawah ini.

Bahan-Bahan:

  • Cumi asin - 1/4 kg
  • Bawang merah, iris - 7 butir
  • Cabe rawit merah, iris serong - 5 buah
  • Cabe hijau, iris serong - 7 buah
  • Bawang putih, iris - 3 siung
  • Kecap manis - 1 sdm
  • Daun salam - 3 lembar
  • Lengkuas, memarkan - 2 cm
  • Jahe, iris - 2 cm
  • Tomat hijau, belah empat - 4 buah
  • Garam - 1/2 sdt
  • Saos tiram - 2 sdm
  • Air - 200 ml
  • Minyak untuk menumis - 2 sdm

Persiapan Membuat Oseng Cumi Cabai Ijo Sederhana yang Praktis:

  1. Awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu melakukan persiapan sebelum mencampur dan meracik bumbu bersama dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. Langkah persiapan ini akan memudahkan anda untuk membuat sajian ini dengan lebih sederhana dan cepat. Maka dari itu, mari simak langkah persiapan di bawah ini hanya untuk anda.
  2. Bahan pertama yang akan kita persiapkan adalah cumi asinnya. Sebelum dimasak bersama dengan bumbu lainnya silahkan rendam terlebih dahulu cumi asin dengan menggunakan air hangat dengan merata. Cara ini dilakukan agar kadar garam yang ada pada cumi asin berkurang sehingga rasanya tidak terlalu dominan.
  3. Setelah dimasukkan dalam air panas, rendam bahan ini selama kurang lebih 30 menit dengan merata. Diamkan sementara dan anda akan dapat mulai membuat bahan-bahan lainnya secara merata.
  4. Nah, setelah bahan di atas direndam maka sambil menunggu anda bisa memotong bahan-bahan lain dan bumbu yang akan dicampurkan ke dalam cumi bersamaan dengan bahan bumbu lainnya. Silahkan lakukan dengan merata dan pastikan bahan bumbu dibersihkan terlebih dahulu dengan merata.
  5. Bila sudah selesai dengan semua bumbu dan bahan maka anda akan dapat melanjutkan untuk mulai membuat sajian oseng cumi kali ini. Penasaran seperti apa? Mari simak di bawah ini.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cara Membuat Oseng Cumi Cabai Ijo Sederhana yang Praktis:

  1. Untuk membuat sajian ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Bila cumi sudah selesai direndam dengan merata maka anda akan dapat menyiapkan sebuah wajan di atas kompor. Lalu kemudian masukkan minyak sedikit saja ke dalamnya.
  2. Tunggu sampai minyak menjadi lebih panas dengan merata lalu kemudian tumis bahan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, tomat, jahe, lengkuas dan juga daun salam serta cabai sampai semua bahan ini tercampur dengan merata.
  3. Aduk sampai layu dan tercium bau harum yang enak dan sedap. Setelah itu, baru anda akan dapat menuangkan kecap manis bersama dengan saos tiram ke dalamya. Aduk-aduk dengan merata semua sajian ini sampai tercampur.
  4. Masukkan cumi asin yang sudah direndam dan aduk kembali sampai bisa dipastikan bahan ini tercampur bersama dengan bahan-bahan lainnya.
  5. Tuangkan sedikit air dan tambahkan garam ke dalamnya untuk mengencerkan bumbu. Baru setelah itu, masak sampai air tersebut menyusut dan bumbu meresap ke dalamnya dengan merata.

Nah, setelah matang dan merata maka tentu sajian ini akan dapat anda angkat dari kompor dan sajikan dalam wadah untuk kemudian hidangkan dan nikmati ketika masih panas bersama dengan nasi yang pulen.

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu