x

Ratusan anggota pramuka penggalang SMP/ MTs mengikuti upacara pembukaan Jambore Cabang ke VI di Bumi Perkemahan, Gladagsari, Boyolali, Kamis (4/7/2019).

Iklan

Eksani Boyolali

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Mei 2019

Jumat, 5 Juli 2019 14:42 WIB

Jamcab Pramuka Penggalang SMP/ MTs menuju Pramuka yang mandiri

Sebanyak 640 anggota pramuka penggalang se Kabupaten Boyolali mengikuti Jambore Cabang (Jamcab) SMP/ MTs di Bumper. Indraprastha, Gladagsari Boyolali, Kamis (4/7/2019).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jamcab Pramuka Penggalang SMP/ MTs menuju Pramuka yang mandiri

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

BOYOLALI (JAWA TENGAH) --- Sebanyak 640 anggota pramuka penggalang se Kabupaten Boyolali mengikuti Jambore Cabang (Jamcab) SMP/ MTs di Bumper. Indraprastha, Gladagsari Boyolali, Kamis (4/7/2019). Kegiatan Jambore Cabang ini juga disebut pertemuan besar anggota pramuka penggalang yang untuk kali ini bertema “tangguh, tanggap, terampil, mandiri dan berprestasi”.


Kegiatan yang digelar oleh Kwartir Cabang 1109 Boyolali ini merupakan Jambore Cabang ke VI yang diikuti peserta dari siswa-siswi SMP/ MTs se Kabupaten Boyolali. Ikut hadir dalam pembukaan Jambore Cabang tersebut adalah Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali Wiwis Trisiwi Handayani, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Boyolali Supana, Muspika Kecamatan Ampel dan Kecamatan Gladagsari serta tamu undangan lainnya.


Kegiatan ini diikuti sebanyak 22 Kwartir Ranting atau 22 Kecamatan se Kabupaten Boyolali, setiap Kwartir Ranting mewakilkan empat regu yang terdiri dua regu putra dan dua regu putri, seharusnya pesertanya mencapai 880 orang, namun karena ada dua Kecamatan yang belum mengirimkan peserta, selain Kecamatan Gladagsari yang menjadi tempat kegiatan yang mengirimkan empat regu putra dan empat regu putri, maka hanya 640 peserta yang ikut daftar ulang.


Menurut Kepala Disporapar Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani mengatakan, “Disporapar Boyolali mewakili Pemerintah Kabupaten Boyolali sangat mendukung terkait dengan kegiatan jambore cabang tingkat SMP/ MTs yang ke VI Kabupaten Boyolali tahun 2019 ini, tentu saja kegiatan yang sangat luar biasa dalam pembentukan karakter untuk adik adik semuanya membentuk jati diri mereka untuk berpikir mandiri, bahwa roh dari pramuka itu sebenarnya mandiri, tidak egois, tidak ambisius, sehingga dibentuklah jiwa jiwa silaturahim dan toleransi disana.

Harapannya bagi yang juara bisa mewakili Kabupaten Boyolali maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Jambore Daerah tanggal 24 hingga 29 agustus mendatang”. Ujarnya.
Sementara itu Ketua Kwartir Cabang 1109 Boyolali, Supana, Mengatakan, “Jambore Cabang yang ke VI ini adalah merupakan program kerja dari Kwarcab Boyolali, jadi merupakan kegiatan rutin yang diselenggrakan dalam rangka untuk memberikan suasana Jambore, karena Jambore adalah suasana pesta bagi adik adik penggalang untuk saling membangun keakraban, sekaligus untuk persiapan adik adik dalam rangka mengikuti jambore daerah yang akan diselenggarakan di Kabupaten Blora pada 24 hingga 29 agustus 2019. Ungkapnya.


Pembukaan Jambore Cabang SMP/ MTs ke VI ini ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Kepala Disporapar Boyolali, Wiwis Trisiwi Handayani di dampingi oleh Ketua Kwartir Cabang 1109 Boyolali, Supana. Selain itu juga ada pembacaan ikrar peserta Jambore Cabang yang dibawakili oleh puluhan peserta Jambore Cabang. Setelah upacara pembukaan para peserta Jambore Cabang ini akan menginap di Bumi Perkemahan Indraprastha selama empat hari dengan mendirikan tenda yang sudah dibagi oleh panitia. Rencananya kegiatan Jambore Cabang SMP/ MTs ini digelar dari tanggal 4 Juli hingga 7 Juli mendatang. (Eksani)

Ikuti tulisan menarik Eksani Boyolali lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB

Terkini

Terpopuler

Establishment

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Rabu, 10 April 2024 09:18 WIB