x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 5 Juli 2019 15:01 WIB

Mengetahui Masa Subur Wanita dari Tanda-tanda Tubuh Secara Alami

Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa subur wanita. Salah satunya adalah dengan memperhatikan tanda-tanda tubuh secara alami. Nah di bawah ini mari kita simak apa saja tanda-tanda masa subur yang terjadi pada tubuh wanita demi mewujudkan impian cepat hamil.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak orang yang keliru mengartikan bahwa dengan semakin sering berhubungan intim bersama dengan pasangan maka akan semakin memperbesar kemungkinan untuk segera hamil. Kekeliruan ini semakin berkembang di masyarakat dan berakar menjadi kesalahan informasi yang masif.

Padahal kunci dari keberhasilan kehamilan bukan terletak dari seberapa sering intensitas anda dengan pasangan. Namun lebih kepada ketepatan waktu berhubungan yang dilakukan pada saat masa subur. Itulah mengapa penting sekali mengetahui masa subur wanita dengan baik.

Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa subur. Selain dengan menggunakan kalkulator masa subur wanita anda pun bisa memperhatikan tanda-tanda tubuh secara alami. Nah di bawah ini mari kita simak apa saja tanda-tanda masa subur yang terjadi pada tubuh wanita demi mewujudkan impian cepat hamil.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Suhu Basal Tubuh

Cara mengetahui masa subur wanita yang pertama adalah dengan memperhatikan suhu basal tubuh anda. Suhu basal tubuh adalah suhu tubuh anda pertama kali pada saat pagi hari sebelum anda beranjak dari tempat tidur. Nah, untuk bisa mengetahui suhu ini maka penting sekali untuk melakukan pengukuran suhu sebelum anda melakukan aktivitas apapun saat baru saja bangun tidur.

Adapun rata-rata suhu basal tubuh bisa berkisar antara 35,5 sampai dengan 36,6 derajat Celicius. Penting diketahui bahwa suhu basal tubuh bisa saja berubah mengikuti kadar hormon yang ada dalam tubuh anda.

Ketika tubuh melepaskan sel telur maka hormon tubuh anda bisa mungkin berubah dimana hal ini akan tentu berpengaruh terhadap suhu basal tubuh. Suhu tubuh anda akan naik sedikit biasanya kurang dari 1 derajat Celcius dan suhu tersebut akan tetap tinggi sampai dengan periode datang bulan selanjutnya dimulai.

Bila suhu tubuh anda naik sedikit antara 0,4 sampai dengan 0,8 derajat Celcius maka mungkin tubuh anda sudah melakukan ovulasi dalam 12 samapi denan 24 jam terakhir. Bila anda mencatat suhu tubuh secara berkala maka perubahan tersebut bisa anda lihat dengan signifikan dan hal inilah yang dapat membantu anda memperkirakan kapan masa subur anda.

Perubahan Pada Lendir Serviks

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan perubahan pada lendir serviks atau cairan yang keluar dari organ intim anda. Tepat sbeelum dan selama terjadinya ovulasi akan ada perubahan jumlah, warna dan tekstur dari lendir. Biasanya teksturnya lebih elastis, transparan dan juga licin anda akan mungkin mendapati lendir keluar seperti putih telur.

Tekstur seperti ini akan memudahkan untuk bisa berenang mencapai sel telur dengan lebih cepat. Hal inilah yang akan membuat kehamilan lebih besar peluangnya untuk terjadi.

Perubahan Ketegangan Mulut Rahim

Perlu diketahui bahwa selama ovulasi bagian mulut rahim akan berubah menjadi terasa lebih lembut, lebih tinggi dan juga lebih terbuka. Hal inilah yang akan memudahkan sperma untuk bisa masuk ke dalam leher rahim dan membuahi sel telur dengan lebih mudah.

Untuk bisa merasakan perubahan semacam ini mungkin akan sulit sebab perubahan ini biasanya tidak terasa secara signifikan. Anda mungkin perlu melakukan pemeriksaan dalam dengan menggunakan dua jari yang dimasukkan ke dalam mulut rahim.

Nah, itulah dia beberapa cara mengetahui masa subur wanita lewat tanda-tanda tubuh secara alami. Ingat perencanaan kehamilan tidak berhasil hanya karena anda sering berhubungan dengan pasangan namun peluangnya akan lebih besar saat anda melakukannya pada masa subur. Maka dari itu, penting memahami kapan masa subur wanita dimulai.

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler