Pancasila Masuk Kurikulum, Kita Dukung Bro dan Sist! - Analisa - www.indonesiana.id
x

Ferguso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 8 Juli 2019 12:47 WIB
  • Analisa
  • Pilihan
  • Pancasila Masuk Kurikulum, Kita Dukung Bro dan Sist!

    Dibaca : 89 kali

    Dalam dunia pendidikan, penanaman ideologi Pancasila sejak dini perlu ditanamkan kepada setiap generasi penerus bangsa.

    Selama ini, Pancasila dalam sektor pendidikan di Tanah Air, secara simbolis sering kita temukan hanya pada saat momentum tertentu. Upacara bendera memperingati Kemerdekaan HUT RI, misalnya.

    Tapi itu saja tidak cukup. Pancasila harus hadir setiap hari di tengah-tengah masyarakat. Juga harus hadir di ruang-ruang akademis. Forum-forum dialektika. Itu baru komplit.

    Kabarnya, pemerintah melalui Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu, telah meminta Rektor se-Indonesia dari berbagai perguruan tinggi untuk memasukan Pancasila dalam kurikulum.

    Nawaitu dari Menhan Ryamizard itu sudah disampaikan sekitar dua bulan yang lalu. Bahkan, dalam jangka waktu tersebut, beliau telah dua kali memanggil seluruh rektor untuk segera menyiapkan ihwal penting itu.

    Alasan Menhan Ryamizard menginginkan Pancasila masuk dalam kurikulum, disebabkan oleh suatu tantang besar yang dihadapi bangsa kita saat ini. Adalah maraknya paham radikalisme.

    Menhan Ryamizard merasa prihatin akan beredarnya paham-paham radikalisme di Tanah Air. Seperti Khilafah. Menurutnya, paham Khilafah bisa saja akan menghapus Pancasila.

    Kekhawatiran Menhan Ryamizard soal paham radikalisme, juga perlu menjadi perhatian seluruh elemen masyarakat. Beliau bahkan selalu mengingatkan, Pancasila sebagai pemersatu bangsa, tidak boleh ada yang merusak.

    Kalau sampai rusak, bangsa Indonesia akan hancur. Demikian pesan dari Menhan Ryamizard. Olehnya itu, permintaan Menhan Ryamizard untuk memasukan Pancasila dalam kurikulum, patut mendapatkan dukungan dari semua kalangan. Pancasila harus kita lindungi bersama-sama. 


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.