Panduan Membuat Desain Taman Rumah Minimalis yang Cantik - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 10 Juli 2019 12:44 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Panduan Membuat Desain Taman Rumah Minimalis yang Cantik

    Dibaca : 57 kali

    Banyak orang mendamba memiliki hunian yang asri dengan bagian taman hijau yang tertata cantik dan menarik. Sayangnya, impian ini sering urung hanya karena punya luas rumah yang sempit dan terbatas. Padahal kehadiran taman selain mampu mempercantik sebuah hunian akan tentu memanjakan mata dengan pemandangan hijau yang menyejukkan.

    Namun tak perlu khawatir sebenarnya untuk membangun taman hijau di area sekitaran rumah dengan luas yang terbatas ada beberapa hal yang akan dapat dilakukan. Mari simak panduan membuat desain taman rumah minimalis yang cantik dan elegan di bawah ini.

    Tentukan Sudut Taman

    Hal pertama yang akan dapat anda lakukan dalam membangun desain taman rumah minimalis di atas lahan yang sempit adalah dengan menentukan terlebih dahulu dimana taman akan dibangun. Hal ini akan membantu anda dalam menentukan banyak hal termasuk di dalamnya adalah jenis tanaman yang cocok, konsep tanaman yang akan diusung sampai dengan gambaran apa saja yang akan anda pasang di area taman.

    Bila perlu lakukan pula pengukuran tentang seberapa luas taman yang akan anda bangun. Anda bisa membicarakan hal ini dan berkonsultasi mengenai desain taman yang cocok pada desain interior dan penata taman. Dengan begini maka anda akan terbantu dalam menata desain taman rumah minimalis yang sudah anda impikan.

    Pertimbangkan Memilih Tanaman Hidroponik

    Hal selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan mempertimbangkan menerapkan tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik adalah metode cocok tanam tanpa menggunakan tanah melainkan dengan air namun kebutuhan airnya pun tidak terlalu banyak. Selain itu, media yang digunakan pada tanaman hidroponik umumnya berukuran kecil dan tidak memakan banyak tempat.

    Hal inilah yang akan menjadi solusi yang baik bagi anda yang tidak punya cukup lahan untuk membangun taman hijau yang luas. Secara kualitas tanaman yang ditumbuhkan lewat metode ini pun jauh lebih sehat karena tidak melibatkan bahan kimia beracun yang berbahaya.

    Pertimbangkan Memilih Tanaman Gantung

    Alternatif lain untuk metode bercocok tanam yang bisa anda lakukan adalah dengan menerapkan tanaman gantung. Jenis tanaman sendiri bisa anda pilih sesuai dengan selera anda hanya saja mungkin tanaman yang bisa digantung terdiri dari tanaman rambat dan tanaman yang kecil. Seperti buah stroberi, bunga-bunga kecil dan masih banyak lagi.

    Metode taman semacam ini akan tentu menghemat luas pada area taman. Atau bahkan anda tidak akan membutuhkan tempat yang khusus sama sekali untuk membangun taman semacam ini. Karena tanaman dalam pot bisa anda gantung pada bagian pondasi di depan rumah atau halaman belakang rumah. Tampilan yang cantik dan elegan akan pasti mampu mempercantik hunian anda.

    Pertimbangkan Memilih Taman Vertikal

    Taman vertical adalah metode bercocok tanam pada ruang vertical seperti dinding yang mana taman seperti ini biasanya akan sangat cocok bagi anda yang punya rumah sempit atau tinggal di apartemen. Luas terbatas pada bangunan rumah tidak berarti mengurungkan niatan anda untuk menciptakan sisi hijau yang sejuk.

    Adapun jenis tanaman yang bisa dipilih untuk taman vertical sendiri cukup beragam diantaranya adalah tanaman rambat pot-pot yang ditata menempel pada dinding.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.