Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Si Kecil - Viral - www.indonesiana.id
x

Cynthia Putri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juli 2019

Kamis, 11 Juli 2019 01:54 WIB
  • Viral
  • Berita Utama
  • Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Si Kecil

    Dibaca : 188 kali

    Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Si Kecil

    Mom harus memahami bahwa memberikan pendidikan bagi anak usia dini merupakan investasi yang sangat besar bagi keluarga dan bangsa, Hal ini dikarenakan anak-anak adalah generasi penerus bagi bangsa ini.

    Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Undang – Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), menunjukkan keberadaan pendidikan usia dini diakui secara sah. Hal ini terkandung dalam bagian tujuh Pasal 28 ayat 1-6, bahwa Pendidikan anak usia dini diarahkan pada Pendidikan pra-sekolah yaitu anak usia 0-6 tahun.

    Mom perlu mengetahui pula, UU No. 20 tahun 2003 menyatakan bahwa Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditunjukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan Pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasukin Pendidikan lebih lanjut.

    Memperkenalkan dunia pendidikan bagi anak secara dini diharuskan dengan memberikan situasi dan kondisi yang memberikan rasa bahagia dan menyenangkan bagi anak - anak. Prof. Dr. Lydia Freyani Hawadi, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI), yang biasa disapa Prof. Reni mengatakan, kegiatan di Pre-school dapat memberikan rangsangan dan memiliki fungsi utama untuk mengembangkan semua aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan kognitif, bahasa, fisik (motorik kasar dan halus), sosial dan emosional. berikut ini penjelasan berbagai manfaat yang akan dirasakan oleh si Kecil setelah mendapatkan pendidikan di playgroup atau TK berikut.

     Manfaat Pendidikan Anak Bagi Si Kecil :

    1. Mempersiapkan anak bagi perkembangan selanjutnya dalam belajar. Pembelajaran anak usia dini dapat dijadikan sebagai wahana mempersiapkan anak untuk menjalani tahap perkembangan selanjutnya. Yang dipelajari anak pada usia dini diharapkan dapatdimanfaatkan bagi pembelajaran tahap selanjutnya
    2. Playgroup atau TK adalah kesempatan bagi anak untuk mengalami lingkungan yang terstruktur. Melakukan kegiatan bersama guru dan teman-teman sebayanya berdampak positif untuk mereka dengan cara dapat mengikuti instruksi yang sedang guru sampaikan, dan bergiliran memainkan alat musik.
    3. Pendidikan yang dimulai sejak dini sangat bermanfaat untuk anak. Usia dini merupakan usia emas bagi anak untuk dengan mudah menyerap segala informasi yang diterima melalui semua inderanya.
    4. Dapat menumbuhkan kreatifitas dan imajinasi bagi anak. Lembaga-lembaga penyedia pendidikan anak usia dini merupakan tempat yang tepat untuk memfasilitasi kebutuhan si Anak. Selain mempelajari berbagai keterampilan dasar untuk membaca dan menulis, si Anak juga akan mendapatkan banyak rangsangan yang akan memancing imajinasi dan kreativitasnya.
    5. Prof. Reni mengingatkan, pendidikan karakter memang sebaiknya dimulai sejak dini. Melalui pendidikan anak usia dini, si Anak akan mendapatkan berbagai contoh dan kegiatan positif yang akan ia ingat dan praktikkan dalam kehidupannya. Kegiatan positif yang mom pilih didalam playgroup dapat membentuk dasar kepribadian anak. Pada fase golden years, otak anak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pengalaman yang didapat si anak di periode ini turut membentuk kepribadiannya dan akan memengaruhi sosoknya hingga kelak ia dewasa.

    Sekarang Mom pasti sudah memahami manfaat pendidikan bagi anak si Anak. Jangan ragu lagi untuk memilih sekolah yang sesuai dengan anda dan anak ya, dan jangan lupa pastikan pembelajaran yang ia dapat di Pre-School selaras dengan yang Mom ajarkan di rumah.  Karena, meski pendidikan anak usia dini berpengaruh penting bagi perkembangan si Anak. Namun, peran kedua orang tua sebagai pendidik utama bagi anak adalah yang paling utama.  

    Sumber Tulisan :

    • Kementrian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia, Memahami Pendidikan Anak Usia Dini, March 30th, 2016.
    • How Maximazing Child Pontential, Angga Pebria, PT Elex Media Komputindo.
    • 6 Hal Penting Pendidikan Anak Usia Dini dan Menurut Para Ahli, by Alia an dhiva, 20thDec 2016.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.











    Oleh: Admin

    5 hari lalu

    Digeser Suplayer Telur Kabupaten, Peternak: Pak Bupati, Beri Kami Kesempatan

    Dibaca : 1.121 kali

    Tuban - Belum selesai polemik soal beras berkutu di program BPNT, kini muncul suplayer yang mengatasnamakan diri suplayer kabupaten. Tak ayal, kehadiran suplayer telur kabupaten inipun menggeser peternak lokal. Adalah Sahli, Peternak Ayam Petelur di Desa Pongpongan Kec. Merakurak yang mengeluhkan tak lagi bisa ikut menyuplai telur dalam program BPNT. Pasalnya, e-warong sembako di desanya sudah memiliki suplayer baru yang ditunjuk dari kabupaten. Akibatnya, Sahli kehilangan pangsa pasar terdekat yang ada di desanya. "Katanya sudah ada suplayer baru dari kabupaten yang bertugas menyuplai telur di program BPNT, jadi e-warong sekarang tidak lagi ambil telur dari saya" terang Sahli saat di temuai di kandangnya, Kamis, 21/05/2020. Sahli menuturkan, peternak ayam petelur yang ada di desanya sebenarnya cukup merasakan dampak ekonomi dari program andalan Jokowi ini. Ia dan teman-temannya tidak perlu jauh-jauh mencari pangsa pasar untuk telur yang dihasilkan dari kandangnya. Selain itu, harga jualnya juga relatif setabil dan kompetitif. Namun semenjak kehadiran suplayer kabupaten ini, ia terpaksa harus mencari pangsa pasar baru. "Dulu telur tidak pernah keluar dari desa karena diambil Agen BPNT, sekarang saya terpaksa jual telurnya ke tengkulak meski harganya lebih murah" terang pemuda yang sudah menggeluti peternakan unggas sejak 5 tahun terakhir ini. Terpisah, Aripin, peternak ayam petelur di desa yang sama juga menyayangkan masuknya suplayer baru dari luar desa. Menurutnya, supplier kabupaten ini makin menambah derita peternak ayam petelur yang beberapa bulan terakhir ini mengalami guncangan harga akibat beredarnya telur yang diduga HE. Jika hadirnya suplayer luar di BPNT Desa Pongpongan ini adalah kebijakan Bupati, Arifin meminta agar kebijaka itu dievaluasi. "Mohon Pak Bupati bisa melindungi peternak lokal. Beri kami kesempatan untuk menyuplai telur di desa kami" pinta Arifin. Untuk diketahui, adanya komoditi telur dalam program BPNT ini telah memantik semangat warga desa mencoba peruntungan dalam bidang perunggasan. di Desa Pongpongan sendiri, saat ini terdapat 5 kandang ayam petelur milik warga. Dua diantaranya merupakan kelompok binaan dari PT. Semen Indonesia. Diperkirakan, tahun ini juga akan muncul lagi peternak-peternak baru yang menggeluti peternakan ayam petelur. Hal ini diketahui dari banyaknya usulan peternakan unggas dari kelompok masyarakat yang yang masuk melalui program CSR Semen Indonesia tahun 2020 untuk Desa Pongpongan (tro/id).