x

Anggota Saka Wira Kartika Menerima Materi Survival dari Pamong Saka

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 15 Juli 2019 15:29 WIB

Saka Wira Kartika Koramil 0815/18 Gondang Ditempa Materi Survival

Pamong Saka, Serda Nur Hidayat saat memberikan materi praktek Survival bagi Anggota Saka Wira Kartika Koramil 0815/18 Gondang di Komplek Kasumi, Desa Kemasantani, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Hal ini dilakukan dalam rangkaian menempuh Wing Jungle Survival bagi Anggota Saka Wira Kartika

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, - Sejumlah anggota Saka Wira Kartika (SWK) Koramil 0815/08 Gondang Kodim 0815 Mojokerto, mendapat pelatihan survival di Kasumi Complek, Dusun Kemasan, Desa Kemasan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (13/07/2019)

Serda Nur Hidayat selaku Pamong Saka menuturkan, pelatihan materi Survival ini diikuti 16 orang anggota SWK Koramil 0815/18 Gondang dan berlangsung selama dua hari, mulai Sabtu (13/07) hingga Minggu (14/07).

Lebih lanjut, Pamong Saka menjelaskan, materi Survival yang diberikan ini merupakan syarat yang harus ditempuh anggota SWK untuk mendapatkan Wing Jungle Survival.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Masih tutur Pamong Saka, selain materi survival, selama kegiatan, para peserta juga diberikan materi secara keseluruhan yakni Krida Pioneering, Navrat, Mountainering, Penanggulangan Bencana dan Krida Survival, namun fokusnya di materi Survival.

Masih tutur Serda Nurhidayat, untuk materi Survival, anggota SWK diberikan beberapa pengetahuan, diantaranya, tumbuhan dan hewan yang bisa dikonsumsi secara aman, cara memasang jerat untuk hewan hutan secara tradisional, cara menangkap ikan, baik tanpa alat maupun menggunakan alat.

Tidak itu saja, para peserta juga dilatihkan tentang pertolongan pertama gawat darurat (PPGD).  dengan dibantu Instruktur dari SWK Koramil Gondang Andrew Maulana,  Sertu Mukhtar Lubis dari Koramil Gondang dan Pembina SWK.

Para peserta yang berjumlah 16 orang terdiri dari 8 putra dan 8 putri tersebut, berasal dari SMAN 1 Gondang, MA Gondang, SMAI Diponegoro dan SMK Hayam Wuruk, sangat antusias selama melaksanakan kegiatan survival.

"Meskipun harus berjalan dengan jalan peta sejauh lima kilometer dari Makoramil ke lokasi latihan (Kasumi Komplek) melalui Lembah Mbencirang, kami sangat senang, karena jalan peta termasuk aplikasi Krida Navigasi Darat," ungkap Dzikri Maulana, salah satu anggota SWK Koramil 0815/18 asal Madrasah Aliyah Gondang.

Penyematan Wing Jungle Survival oleh Danramil 0815/18 Gondang Kapten Inf Wiyanto selaku Ka Mabisaka, di Makoramil setempat, Minggu (14/07) pukul 10.30 WIB, menjadi penutup kegiatan Survival SWK Koramil Gondang.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB