x

Danramil0815/06 Kemlagi memberikan pembekalan Wasbang bagi peserta didik baru di SMKN 1 Kemlagi, Kab. Mojokerto

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 18 Juli 2019 12:03 WIB

Danramil 0815/06 Kemlagi Bekali Wasbang Peserta Didik Baru

Danramil 0815/06 Kemlagi Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Eko Wahyudi, memberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara bagi peserta didik baru SMKN 1 Kemlagi, Desa Mojogebang, Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, - Danramil 0815/06 Kemlagi Kodim 0815 Mojokerto Kapten Inf Eko Wahyudi, memberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara bagi peserta didik baru SMKN 1 Kemlagi, Desa Mojogebang, Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (17/07/2019).

Kegiatan yang dikemas dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMKN 1 Kemlagi TA. 2019 tersebut, dihadiri Kasek SMKN 1 Kemlagi, Abadi, S.Pd., M.Pd., beserta Dewan Guru, Bati Tuud Peltu Ahmad Jainuri, dan Babinsa Sertu Kartono, serta diikuti sejumlah 408 peserta didik baru.

Dalam materi bertajuk "Bhinneka Tunggal Ika", Danramil 0815/06 Kemlagi Kapten Inf Eko Wahyudi, diantaranya menjelaskan, bahwa perbedaan adalah anugrah, bukan musibah dan keniscayaan, oleh karena itu kita tidak perlu mempersoalkan perbedaan ini karena Bhinneka Tunggal Ika sudah mengikat dari manusia-manusia yang berbeda, baik suku, bahasa, budaya, agama, dan lain-lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Wawasan kebangsaan harus dimaknai sebagai pancaran falsafah Ideologi Pancasila secara utuh menyeluruh menjiwai perumusan kebijakan penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," paparnya.

Di akhir materinya, Kapten Inf Eko Wahyudi, menegaskan sekaligus mengajak, bahwa sebagai warga negara Indonesia harus mengetahui jati diri sebagai warga negara, salah satunya dengan mengamalkan dan melaksanakan nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 45 secara murni dan konsekuen.

Masih di wilayah Kemlagi, kegiatan Wasbang dan Bela Negara juga berlangsung di beberapa sekolah lainnya, baik tingkat SLTP maupun SLTA. Selain materi Wasbang, para siswa juga dilatih kedisiplinan melalui materi Peraturan Baris Berbaris (PBB).

"Pembekalan materi Wasbang dan Bela Negara ini dilakukan dengan tujuan untuk menanamkan sikap cinta tanah air bagi peserta didik baru. Melalui materi PBB, diharapkan pada diri siswa akan tertanam sikap disiplin, kekompakan dan jiwa korsa," pungkas Danramil.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler