Lupa kata sandi Tempo ID anda?
Belum memiliki akun? Daftar di sini
Sudah mendaftar? Masuk di sini
Pembelajaran berdiferensiasi menuntut guru memodifikasi kurikulum, metode pengajaran, dan sumber daya belajar untuk memenuhi kebutuhan individu siswa. Guru akan menyesuaikan pendekatan mereka berdasarkan kekuatan, minat, dan kebutuhan belajar unik setiap siswa.
Survey lingkungan belajar guru kemdikbud dan merdeka belajar adalah merupakan dua hal perubahan dalam paradikma baru pendidikan di Indonesia seperti survey belajar meliputi potret berbagai aspek lingkungan di satuan pendidikan dari mulai guru sampai dengan siswa dan dari iklim keamanan ,iklim kebinekaan,indeks sosial sampai dengan kualitas pembelajaran serta pengembangan guru,sedangkan merdeka belajar menurut situs resmi kemdikbud meliputi USBN,UN,RPP sampai dengan PPDB sistem Zonasi.
Apakah Peran Guru tak tergantikan teknologi di era teknologi yang berkembang pesat? Jika melihat banyak berbagai pekerjaan yang hilang di gantikan oleh internet dan robot profesi sebagai seorang guru tentunya semakin banyak tantangan di masa sekarang dan masa depan,Jika melihat banyak orang belajar mandiri dari internet dengan melakukan pencarian berbagai pengetahuan yang mereka butuhkan. Dan juga seandainya di ciptakan robot yang dapat menggantikan guru dimasa mendatang .Apakah robot dapat menanamkan berbagai pengethuan,skill,nilai karakter dan kompetansi guru lainya? Apakah Peran guru dapat tergantikan oleh teknologi?
contoh inovasi guru dalam pembelajaran daring adalah sebuah model,metode dan cara atau srategi seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran daring seperti di era pandemi yang banyak membawa perubahan besar bagi guru dan dunia pendidikan di Indonesia seperti menggunakan berbagai media pembelajaran daring yang menyesuaikan dengan kemajuan teknologi dan informasi.
Guru kreatif dan inovatif dalam pengajaran kekinian adalah seorang guru yang mengembangkan dan mencoba hal baru,melakukan penelitian,menggunakan teknologi dan informasi,seorang problem solving dapat menjadi solution maker sampai dengan menciptakan sesuatu atau berkarya untuk mengkreasi dan melakukan inovasi dalam pengajaran
9 kemampuan yang harus dimiliki guru di era digital agar tidak tertinggal adalah kemampuan atau skill kompetensi yang dibutuhkan oleh seorang guru di era digital dalam pembelajaran seperti cakap digital,menggunakan media digital,melakukan inovasi pembelajaran,public speakig,menjadi motivator dan kemampuan lain yang dapat membantu dalam pekerjaan khususnya dalam pembelajaran di era digitalisasi yang semakin pesat.