Lupa kata sandi Tempo ID anda?
Belum memiliki akun? Daftar di sini
Sudah mendaftar? Masuk di sini
Kegiatan gerakan berliterasi yang dilaksanakan lingkungan sekolah akan sangat bermakna jika dalam pelaksanaanya mendapatkan perhatian serius dari semua warga sekolah. Sikap guru yang inovatif serta kreatif merupakan penentu keberhasilan gerakan literasi sekolah. Kenyataanya dengan tindakan yang sangat sederhana, yaitu dengan penerapan metode permainan matematika berbantuan media komputer dapat diketahui kebermanfaatannya untuk kegiatan literasi numerasi di lingkungan sekolah. Bahkan sangat berpengarus secara baik terhadap upaya peningkatan keterampilan operasi hitung dasar siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanjungkerta tahun pelajaran 2018/ 2019 sebanyak 24 siswa. Keterampilan operasi hitung dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) merupakan keterampilan literasi numerasi yang harus dikuasai siswa sebagai keterampilan prasarat agar dapat mengikuti kegiatan belajar operasi hitung ke tingkatan materi pembelajaran/ literasi numerasi selajutnya.
Kegiatan pembelajaran bertujuan untuk membangkitkan motivasi belajar IPA secara terpadu. Pembelajaran IPA akan lebih bermakna jika dilaksanakan melalui pendekatan penalaran secara induktif dominan terhadap penalaran deduktif. Pendekatan lingkungan sekitar akan lebih mengakomodir terlaksananya proses ilmiah suatu pembalajaran. Dengan telah diterapkanya strategi pembelajaran melalui pengamatan aktivitas upaya masyarakat bidang pertanian siswa kelas V SD Negeri 1 Tanjungkerta tahun pelajaran 2019/ 2020 telah mampu meningkatkan sikap, pengetahuan, serta keterampilan dalam belajar IPA secara terpadu dalam suatu tema.
Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) moda Campuran untuk menyikapi situasi serta kondisi masa pandemic covid-19 ternyata mampu memberikan suatu pengalaman belajar bermakna bagi siswa. Aksi nyata menunjukan hasil bahwa sarana media digital akun pembelajaran dapat dimaksimalkan keberdayaanya untuk upaya menguatkan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari siswa. Siswa bertumbuh serta berkembang menuju kedewasaanya terintegrasi dalam lingkungan yang wajar antara lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai lingkunan pendidikan serta pembelajaran yang utuh. Pengamalan nilai-nilai Pancasila terutama sila kedua dapat ditingkatkan dan dikuatkan oleh siswa sebagai pembelajar yang merdeka menurut kondrat alam maupun kodrat zaman.