Lupa kata sandi Tempo ID anda?
Belum memiliki akun? Daftar di sini
Sudah mendaftar? Masuk di sini
Dilema etika yaitu suatu situasi yang dihadapi dimana kita harus membuat keputusan-keputusan tentang bagaimana tindakan yang tepat untuk dilakukan, dilema etika terjadi ketika seseorang dihadapkan dua pilihan yang sama-sama benar atau keduanya mengandung nilai kebajikan
Pembelajaran sosial dan emosional dilakukan secara kolaboratif bagi seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional
Pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid, kebutuhan dasar yang dimaksud terdiri dari tiga aspek yaitu kesiapan belajar, minat dan profil belajar murid. Strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan guru dengan melakukan tiga cara yaitu diferensiasi konten, proses dan produk. Ciri-ciri atau kerakteristik pembelajaran berdiferensiasi diantaranya adalah terciptanya lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar, adanya kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, terdapat penilaian berkelanjutan dalam proses pembelajaran, guru menanggapi atau merespon apa yang menjadi kebutuhan belajar murid, dan adanya manajemen kelas efektif.
Filosofi Ki Hajar Dewantara (KHD), Ing Ngarso sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani dengan makna sederhana di depan memberi contoh atau menjadi panutan, di tengah membangun semangat atau ide, dari belakang memberikan dorongan. Konsep KHD selanjutnya sekolah itu dijadikan sebagai taman siswa, yang artinya sekolah harus bisa membuat rasa aman, nyaman dan menyenangkan bagi peserta didik, mengembangkan segala potensi yang dimiliki peserta didik tersebut, menjadikan sekolah itu sebagai rumah kedua mereka dan gurunya adalah orang tua kedua mereka selama berada disekolah dan teman-temannya adalah sebagai saudaranya atau mereka adalah kakak beradik selama berada disekolah.
Pilihan yang tepat wajib kita ambil dalam rangka memajukan pendidikan Indonesia, beban yang berat di masa pandemi ini tidak harus dirasakan sebagai beban tetapi kita rasakan sebagai anugerah yang terbaik untuk mewujudkan merdeka belajar yang sempurna
Pandemi covid 19 memaksa sekolah untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Ada dua sisi mata uang yang bisa dipilih oleh sekolah, memilih membiarkan proses pembelajaran apa adanya atau tetap menjaga mutu pembelajaran. Jika anda memilih yang kedua anda sejalan dengan pemikiran penulis, terdapat empat tindakan yang harus dilakukan sekolah yaitu: Susun kurikulum yang bermanfaat, lakukan asesmen diagnostik, lakukan inovasi pembelajaran, dan jalin komunikasi dengan orangtua.