Lupa kata sandi Tempo ID anda?
Belum memiliki akun? Daftar di sini
Sudah mendaftar? Masuk di sini
Pada dasarnya big data mengandung informasi yang bersifat sangat pribadi tentang kehidupan seseorang. Tantangan terbesar adalah bagaimana kita tetap dapat menggunakan big data secara bijak, tanpa melanggar privasi seseorang.
Menggunakan media sosial untuk media berbisnis memang diperbolehkan, namun sifatnya hanya untuk promosi bukan sebagai media transaksi seperti yang dilakukan oleh TikTok Shop.
Nike menggunakan aplikasinya - termasuk Nike Training Club, Nike SNEAKRS, dan aplikasi Nike - untuk mengumpulkan data pelanggan. Data ini kemudian dapat diubah menjadi wawasan pelanggan yang berharga dan digunakan untuk membantu merek memutuskan desain mana yang akan diproduksi.
Riset menjadi pedoman utama RRI dalam mempertahankan eksistensinya di era serba digital ini. RRI melakukan pendekatan langsung kepada pendengar untuk mengetahui apa yang mereka sukai. Data mengungkapkan radio masih sering didengarkan terutama bagi pengguna kendaraan roda empat. Hal ini dimanfaatkan RRI untuk mengembangkan program siarannya. RRI pun meluncurkan aplikasi RRI Play Go untuk melayani pendnegar.
Konsep kematangan digital akan terus menimbulkan pro dan kontra. Konsep ini bersifat elusive karena tidak ada ukuran sosio teknokrasi dan tidak diketahui ujungnya. Ada persoalan teknikal, kultural dan persoalan institution. Karena itu diperlukan arah bagaimana mengembangkan dan mengelola AI agar tidak sekedar terpukau pada aspek kemamuan teknisnya.
Betulkah media sosial akan menghantam aktivitas media arus utama? Atau justru memungkinkan untuk bersinergi secara positif?