sucahyo adi swasono - sucahyo adi swasono - www.indonesiana.id
x

sucahyo adi swasono

Pegiat Komunitas Penegak Tatanan Seimbang (PTS); Call Center: 0856 172 7474

3 hari lalu Judul Artikel

Puisi: Entahlah

Dibaca : 236 kali


Sajak tentang "tak habis pikir". Boleh jadi, itulah esensinya ...

sucahyo adi swasono

Pegiat Komunitas Penegak Tatanan Seimbang (PTS); Call Center: 0856 172 7474

Jumat, 29 April 2022 06:33 WIB Judul Artikel

Belum Pernah Tertoreh dalam Sejarah

Dibaca : 752 kali


Pusi tentang nukilan fakta realita sejarah ...

sucahyo adi swasono

Pegiat Komunitas Penegak Tatanan Seimbang (PTS); Call Center: 0856 172 7474

Sabtu, 23 April 2022 13:51 WIB Judul Artikel

Menembus Batas Angan

Dibaca : 902 kali


Cerpen tentang perjalanan pikiran dan pergulatan pemikiran dalam proses mendapatkan janin untuk dilahirkan sebagai konsepsi hidup yang objektif ilmiah dalam prinsip-prinsip keseimbangan ...

sucahyo adi swasono

Pegiat Komunitas Penegak Tatanan Seimbang (PTS); Call Center: 0856 172 7474

Jumat, 22 April 2022 07:00 WIB Judul Artikel

Tetralogiana, dalam Perspektif Historis Filosofis

Dibaca : 398 kali


"Tetralogiana", adalah terminologi penulis dalam menyikapi perguliran sejarah bangsa Indonesia_Nusantara yang secara de jure maupun de facto, telah legitimated sebagai Nation Building, sebagai Nation State di panggung budaya dan peradaban manusia ataupun bangsa-bangsa di dunia. Sekumpulan manusia yang karena riwayat perjalanan sejarah, kemudian terbentuk sebagai bangsa dengan suatu tatanan di keseluruhan aspek hidup sebagai negara, menjelma sebagai Indonesia_Nusantara dengan leburan dua elemen ke dalam kesatuan tarik menarik dan tak terpisahkan, yakni Bangsa-Negara. Sudah barang tentu, perwujudannya pun tidaklah serta merta. Namun pastinya, berlandaskan kepada suatu cita-cita yang telah dikomitmenkan secara kolektif atau dalam kebersamaan. Dan, jangan sekali-kali landasan komitmen dimaksud, dinafikan, apalagi dilanggar hanya karena nafsu kepentingan pribadi, suku, agama, ras, maupun antar golongan. Karena sesungguhnya, The Way of Life dari Nation State Indonesia_Nusantara ini telah memuat prinsip-prinsip bernilai universalitas yang seharusnya bisa dimaklumi oleh semua pihak, elemen maupun komponen bangsa tanpa kecuali. Dengan harapan dapat direalisasikan ke dalam wujud yang sebenarnya, yakni tegaknya bangunan yang kokoh berdiri sebagai Bangsa dan Negara Indonesia_Nusantara berlandaskan cita-cita luhur dan komitmen fundamental: PANCASILA beriringkan UUD 1945 di atas kemajemukan Bhinneka Tunggal Ika.

sucahyo adi swasono

Pegiat Komunitas Penegak Tatanan Seimbang (PTS); Call Center: 0856 172 7474

Rabu, 6 April 2022 16:17 WIB Judul Artikel

Mitigasi Bencana Besar Luar Biasa, Sebuah Keniscayaan

Dibaca : 489 kali


Artikel kami kali ini, adalah suatu Analisis Historis Kritis, yang hanya sekedar mengingatkan kepada siapapun, terutama sebagai sesama Anak Bangsa tanpa tendensi apapun, pamrih apapun, kecuali sebagai panggilan jiwa, begitu menatap realita fakta atas situasi dan kondisi Dunia pada umumnya, dan Bangsa Negara ini pada khususnya. Bahwa Dunia saat ini berada di tepi jurang kehancuan yang mengerikan. Perang Dunia 3 sudah dimulai dan ancaman Perang Nuklir sudah di depan mata. Kondisi tersebut akan diperparah dengan bencana alam yang sangat dahsyat, seperti gempa-gempa raksasa disertai Tsunami, meletusnya gunung-gunung berapi, banjir besar, kelaparan, wabah penyakit, dan berbagai bencana lainnya. Bencana-bencana tersebut akan meluluhlantakkan sebagaian besar kota-kota di muka bumi, membunuh milyaran manusia dan menghacurkan sebagian besar perangkat teknologi yang ada, sehingga akan menjungkirbalikkan peradaban yang dikata maju saat ini, akan kembali menjadi terbelakang. Bukankah hal yang demikian itu akan berimbas dan berpengaruh pula terhadap Bangsa dan Negeri ini? Oleh karenanya, Fokus perhatian di Artikel ini adalah "Bagaimanakah kita mempersiapkan diri tentang suatu Mitigasi Bencana dengan segala langkah tempuhnya, bila Perang Dunia 3 atau Perang Nuklir, benar dan sungguh terjadi?"