Lupa kata sandi Tempo ID anda?
Belum memiliki akun? Daftar di sini
Sudah mendaftar? Masuk di sini
Seni rupa kontemporer adalah dunia yang kacau, dengan segalah eksentrisitas dan abstraksinya. Saya belum pernah menemukan pameran yang menarik secara visual. Sebagian besar karya seni rupa kontemporer dibuat dengan tingkat keterampilan yang sangat rendah meskioun dengan tingkat pemikiran yang sangat tinggi. Apakah ini tanda-tanda seni berhenti berusaha menjadi indah?
Dan pada akhirnya, mesianis saat ini tidak lain adalah upaya untuk pelepasan–semacam melepaskan tinta yang diisi untuk dapat berkonsentrasi pada kertas kosong. Keluarnya tinta, bagaimanapun meninggalkan jejak yang menyimpang–yaitu mesianis tanpa mesianisme. Meskipun jika nanti teksnya hampir tidak terlihat atau bahkan akan terbalik, pastinya kita hari ini mungkin akan menguraikan yang tidak terbaca dan mencairkan yang terbaca.
Kebohongan adalah sebuah cara untuk mempermainkan kebenaran dalam politik, dan cara politik berinvestasi dalam kebenaran. Kita bisa menganalisis keadaan politik kita hari ini, seperti beberapa politisi yang mampu memperkuat citra mereka sebagai pemberi kebenaran dengan berbohong serta memalsukan kenyataan.
Jhon Rawls mengusulkan tes untuk menentukan di mana garis harus ditarik. Bayangkan, katanya, semua anggota masyarakat duduk di meja konferensi yang luas, saat mereka merundingkan syarat-syarat kontrak sosial - hukum, peraturan, kebijakan, dan bahkan kebiasaan masyarakat. Tapi ada tangkapan; tidak ada seorang pun di meja yang tahu siapa mereka akan dilahirkan seperti ketika negosiasi dilakukan. Ada “selubung ketidaktahuan” yang mendekati pendekatan manajemen risiko dalam negosiasi. Sementara beberapa tingkat ketidaksetaraan dapat dibenarkan - ada manfaat bagi kita semua bahwa Elon Musk di dunia memiliki lebih banyak sumber daya untuk dimainkan - ada batas risiko yang akan diterima oleh aktor rasional.Sebuah sistem yang memiliki 21% anak yang hidup dalam kemiskinan sementara elit 5% memiliki lebih dari setengah kekayaan tidak akan bertahan dari analisis Rawls.
Trauma kolektif sama-sama membebani psikologi pelaku dan korban selamat dalam tragedi pembantaian 1965 hingga 1966. Bagi korban ada yang adaptif demi kelangsungan hidup meskipun dihampiri ancaman eksistensial. Sedang bagi pelaku, mereka berusaha mengatasi trauma dengan menyangkal sejarah hingga mengubah memori peristiwa.
Seni adalah salah satu bentuk artefak yang akurat. Ketika seseorang melihat karya seni yang dibuat seniman berdasarkan memori kolektif warga, maka memori tersebut akan terpanggil dan terkait kembali pada realitasnya yang sekarang. Intuisi karya seni yang bisu dan keheningan memori kolektif di dalamnya, membuat kebisuanya semakin fasih.