x

Iklan

Pevi Revina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pencegahan Serta Pengobatan Penyakit Asma

pengertian asma, penyebab seseorang terserang asma, pencegahan asma, pengobatan asma

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengertian dari penyakit asma adalah sebuah kondisi kesehatan dimana saluran pernafasan pada bagian bronkhial paru-paru mengalami penyempitan sehingga bereaksi pada pasiennya mengalami kesulitan untuk bernafas. Penyakit asma ini bisa menyerang atau kambuh dengan tiba-tiba dan bisa juga dikarenakan oleh beberapa faktor yang memicu terjadinya serangan asma. Penyempitan pada saluran pernafasan ini mengakibatkan munculnya gejala dan ciri-ciri seperti tersengal-sengal, batuk, sesak nafas bahkan sampai mengeluarkan bunyi sewaktu bernafas.

Penyakit asma merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang masyarakat. Bahkan jumlah penderita penyakit asma mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang ada bahwa jumlah pengidap penyakit asma di Indonesia berkisar hingga 5% - 9% atau sekitar 5 sampai 7 juta. Selain itu,  sebanyak 2 juta oang merupakan penderita asma akut yang memerlukan perawatan intensif. Perawatan tersebut disebabkan karena pasien atau pendertia mengalami keterlambatan diagnosa, serta penanganan yang kurang tepat.

Sebelum seseorang terserang penyakit asma, beberapa gejala menyerang penderita. Tak jarang penderita menganggap remeh penyakit pernafasan ini. Keterlambatan diagnosa ini umumnya lebih bayak dipengaruhi karena faktor dari pasien itu sendiri yang enggan atau segan memeriksakan kesehatannya ke ahli medis. Seringnya mengabaikan dan menganggap remeh sebuah penyakit inilah yang akhirnya membuat pasien mengalami keterlambatan diagnosa. Untuk itulah, mengingat perlu sekali menangani penyakit asma pada seorang pasien yang terjangkit asma, maka pengenalan pada penyakit, gejala dan cara pencegahannya penting sekali diketahui

Untuk  gejala seseorang terserang penyakit asma, yaitu :

1.    Kesulitan Bernafas

Gejala serangan asma yang pertama adalah dengan timbulnya tanda sulitnya bernafas. Jika seseorang yang sedang menjalankan aktivitas atau kegiatan sehari-harinya dan dengan tiba-tiba ia merasakan kesulitan bernafas seperti terasa begitu sesak. Bisa jadi hal ini mengindikasikan bahwa orang tersebut mengidap asma. Jika hal ini terjadi segera konsultasikan ke dokter untuk lebih jelasnya.

2.    Nyeri Pada Bagian Dada

Perasaan sakit pada daerah sekitaran dada bisa juga merupakan salah satu gejala penyakit asma, biasanya berupa perasaan tekanan dan terasa berat yang menyerang daerah bagian dada. Segera periksakan ke dokter atau ke klinik terdekat jika kondisi ini menyerang anda.

3.    Sering Merasa Panik dan Cemas

Jika seseornag seringkali mengalami cemas dan panik pada beberapa hal kecil yang terjadi dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini juga bisa mengindikasikan gejala asma. Namun tentunya hal ini bisa dicegah dan dihindari dengan menengangkan diri dan berkonsultasi dengan ahli medis.

4.    Batuk Terus-Menerus

Salah satu gejala yang paling sering dikaitkan dengan serangan penyakit asma adalah dengan batuk yang terjadi secara terus-menerus yang mengakibatkan napas menjadi pendek. Jika anda mengalami gejala ini tidak ada salahnya segera berkosultasi ke dokter. Beberapa gajala diatas menunjukan bahwa telah terjadi perubahan pada saluran pernafasan dan aliran udara dalam pernafasan menjadi terhambat. Untuk itu, tindakan penanganan perlu sekali dilakukan utnuk mengatasi gejala-gejala tersebut agar tidak semakin memburuk.

Secara medis peyebab penyakit asma masih belum diketahui secara pasti dan penderita peka terhadap sebuah rangsangan seperti gangguan emosi, polusi udara, bulu binatang dan lain sebagainya. Namun tentunya, jika yang memicu timbulnya penyakit asma disebabkan karena beberapa faktor tersebut hal ini bisa dihindari dengan tidak mendekati sumber pemicu asma. Sementara penyabab lainnya bisa juga disebabkan karena tersumbatnya saluran pernafasan oleh lendir yang kental, dalam kasus ini si penderita akan mengalami mudah menarik nafas namun sulit mengeluarkannya kembali.

Beberapa pemicu penyakit asma adalah sebagai berikut :

  • Polusi udara (asap rokok, asap kendaraan, debu, zat kimia, debu pasir dan lain-lain)
  • Bulu binatang
  • Infeksi saluran pernafasan
  • Rasa cemas, stres dan ketakutan
  • Serbuk sari
  • Olaraga terlalu berlebihan
  • Udara dingin

Hingga saat ini penyakit asma belum bisa disembuhkan dengan total. Adapun beberapa obat-obatan yang disarankan oleh dokter hanya sebatas penanganan yang berupa pencegahan semata. Obat yang dianjurkan pun dapat membantu membuat saluran pernafasan terasa lebih longgar yang terjadi pada penderita asma bukan menyembuhkan asma yang dideritanya.

Namun tentunya jangan khawatir, penyebaran dan penularan penyakit asma dapat dicegah dengan mulai mendeteksi dan mengenali penyakit anda. Apabila anda sering mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas dan seringkali batuk-batuk dimalam hari. Maka segeralah pergi ke dokter dan yang terpenting dalam mencegah suatu penyakit adalah dengan menghindari sumber atau penyebabnya itu sendiri. Jadi pastikan jika anda selalu menghindari sumber dan pemicu yang bisa membuat asma anda kambuh atau membuat anda secara tiba-tiba terserang asma. Pastikan juga jika lingkungan tempat tinggal anda bersih dan terhindar dari kotor dan tumpukan debu.

Penyakit asma adalah sebuah penyakit saluran pernafasan yang akan membuat seseorang sulit bernafas dan tentunya membuat kondisi ini tidak nyaman. Untuk itu, tindakan penanganan sedini mungkin akan membantu meringankan beban pada penderitanya. Artikel ini diharapkan mampu beberikan pengetahuan baru dan membuat seseorang mampu mengenali penyakit dan gejala asma sedini mungkin sehingga penanganan yang tepat bisa segera didapatkan.

Ikuti tulisan menarik Pevi Revina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB