x

Ilustrasi kartun. TEMPO/Agus Supriyanto

Iklan

Nuraz Aji

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Moemie-Momiji

cerita

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Usai mengembalikan Novel Maryam karya Okky Madasari kepada Mbak Fanny, saya datang sendiri lagi, sedikit terlambat datang ke Balai Soedjatmoko. Ada Bedah Novel Moemie karya Marion Bloem. Penerjemahnya Kak Ngadiyo, penulis Diplomasi Cinta 45. Saya bergegas, duduk agak di depan, agar bisa melihat dengan jelas. Tanpa sadar, di sebelah saya telah duduk Gunawan Tri Atmodjo, di depannya Mbak Kharisma. Terlihat juga yang saya kenali wajahnya, Mbak Indah Darmastuti, Mbak Setiyaningsih, Yudhi Herwibowo, Udji Kayang Aditya.

Tak lama kemudian, duduk seorang perempuan di sebelah kiri saya tiba-tiba mengambil gambar dan asyik mengetikkan beberapa kata di layar ponselnya. Satu menit, dua menit, lima menit berlalu, dia angkat bicara lebih dulu. Ternyata namanya Dinda dari Joglo Semar, ia mendapat tugas dari kantor untuk membuat liputan mengenai Bedah Novel Marion Bloem yang dilaksanakan pada Kamis malam, 15 Desember 2016 di Balai Soedjatmoko. Terang saja saya berkata, saya belum pernah baca novelnya, mending tanya saja sama yang sudah baca. Wkwkwk.

Selama Marion Bloem bercerita tentang Moemie dalam Bahasa Inggris, saya kurang begitu paham. Sebelum dialihbahasakan oleh Kak Ngadiyo ke dalam Bahasa Indonesia. Sampai sesi tanya jawab berakhir pun saya masih bungkam. Sebenarnya saya sudah menyiapkan pertanyaan, akan tetapi agaknya tidak penting untuk ditanyakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Katanya novel Moemie bercerita tentang kesulitan peranakan Indo-Belanda dalam beradaptasi di Indonesia. Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer, juga bercerita dengan sudut pandang yang sama.

Thanks for English Lesson tonigh, Miss Mari. Happy traveling in Indonesia. Don’t forget to try Gado-Gado. Its yummy and healthy.

Peace be upon you.

Salam Daun Momieji

15-12-16

 

.

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Nuraz Aji lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu