x

Iklan

Pevi Revina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Dampak Radiasi Ponsel bagi Kesehatan Wanita

bahaya radiasi ponsel, terlalu lama bicara lewat ponsel, berbagai penyakit atau gangguan kesehatan yang diakibatkan radiasi ponsel

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sekarang ini merupakan zaman serba canggih. Ponsel atau Handphone yang awalnya hanya sebagai alat komunikasi kini telah berubah atau bertambahnya fungsinya seiiring dengan kecanggihan teknologi atau yang disebut dengan smartphone. Sekarang ponsel bisa dijadikan sebagai alat untuk bekerja, bertransaksi dan lain-lain. pada awalnya ponsel merupakan kebutuhan sekunder, kini telah berubah pula menjadi kebutuhan primer. Orang di zaman sekarang susah untuk dilepaskan dari ponsel. Ponsel tidak bisa terpisahkan lagi dengan kehidupan anda, bahkan sudah menjadi kebutuhan primer.

Akan tetapi, terlepas dari nilai positif yang ada pada ponsel terdapat pula nilai negatifnya khususnya dalam hal kesehatan. Dalam sebuah penelitian radiasi yang dihasilkan dari ponsel yang mendapat panggilan sama dengan mematangkan telur mentah, bahkan dalam jangka panjang akan mengganggu struktur DNA. Untuk itulah, kita khususnya ibu hamil sebagai pengguna ponsel harus tahu pula dampak negatif yang diakibatkan oleh terlalu seringnya menggunakan ponsel, seperti :

1.  Mengganggu Kehamilan Anda

Dalam studi yang di kutip dari dailymail.co.uk paparan radiasi selama kehamilan akan mempengaruhi perkembangan otak janin sehingga menyebabkan hiperaktif. Penelitian ini dilakukan oleh Yale School of Medicine. Radiasi yang dihasilkan dari ponsel pada waktu yang lama akan memberikan efek buruk apalagi jika ibu hamil terbiasa meletakan ponsel di dekat rahim.Studi yang dilakukan wanita yang meletakan ponsel di area tubuh fital, termasuk rahim sebagai alat reproduksi wanita sehingga akan mengganggu kerusakan sel sehingga menyebabkan keguguran pada usia janin 2 atau 3 bulan.

2.  Memicu Kanker Payudara

Perlu diketahui bahwa membawa atau menyimpan ponsel didalam saku baju tidaklah baik. Hal ini ternyata bisa memicu adanya paparan radiasi sehingga mengembangkan sel sel kanker, termasuk sel kanker payudara. Penyebabnya adalah adanya radiasi microwave yang akan memasuki jaringan-jaringan lemak pada payudara. Sebaiknya ibu hamil atau para pengguna ponsel meletakan ponsel di dalam tas atau dompet sehingga menjauhkan pengaruh negatif dari radiasi terhadap kesehatan payudara.

3.  Menjadi Sering Lupa

Sebuah penelitian menemukan adanya radiasi yang dipacarkan oleh ponsel akan mengganggu daya ingat seseorang. Untuk itu berhati-hatilah bagi para pengguna ponsel yang suka melakukan pembicaraan menggunakan ponsel selama berjam jam. Ketika anda menggunakan ponsel langsung tanpa bantuan headseat maka telinga anda akan terpapar langsung dengan radiasi. Ketika anda memang diharuskan untuk menggunakan ponsel dalam waktu lama, disarankan menggunakan headseat atau loadspeaker.

4.  Memicu Kanker Otak

Suhu dari ponsel akan berubah yaitu memanas tatkala ponsel tersebut sering digunakan atau waktu penggunaannya yang terlalu lama. Untuk itu, perlu diketahui bahwa tatkala suhu dari ponsel tersebut berubah, maka itulah saat terburuk dari ponsel. Radiasi ponsel dikategorikan zat karsinogenik yang dapat memicu kanker otak. Penelitian menemukan adanya peningkatan glioma dan resiko terhadap kanker otak akustik neuroma bagi pengguna ponsel yang menggunakan menggunakan ponsel dalam waktu yang lama.

5.  Melahirkan anak Hiperaktif

Sebenarnya tidak ada larangan untuk bagi seorang wanita menggunakan ponsel ketika kehamilan sedang berlangsung. Akan tetapi, bagi wanita yang sedang hamil dan sangat sering menggunakan ponsel hingga menghabiskan waktu seharian, akan menimbulkan resiko anak dengan masalah tingkah laku. Apabila bayi anda sudah mengalami hiperaktif maka dikhawatirkan akan mengganggu proses pemahaman dan emosi di sekolahnya. Penelitian lain menunjukan adanya kemungkinan memicu kanker akubat terstimulasi dengan penggunaan ponsel pada anak-anak, terlebih jika anak anda sudah mulai memainkan ponsel dan menerima pengaruh buruk dari radiasinya. Sebaiknya untuk anda membatasi penggunaan ponsel bagi anak-anak sehingga tidak menggangu jaringan otak yang masih rentan dalam masa perkembangan. Meskipun sampai saat ini masih dilakukan penelitian yang lebih lanjut terhadap pengaruh radiasi (ponsel) terhadap kesehatan. Tidak ada salahnya anda bijaksana dalam menggunakan ponsel, jauhkan ponsel anda di bagian tubuh yang fatal ,jantung, alat reproduksi, payudara, ginjal dll. Hingga mampu meminalisir kemungkikan terburuk dari ponsel.

Ikuti tulisan menarik Pevi Revina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB