x

Iklan

Mahendra Ibn Muhammad Adam

Sejarah mengadili hukum dan ekonomi, sebab sejarah adalah takdir, di satu sisi. *blog: https://mahendros.wordpress.com/ *Twitter: @mahenunja - FB: Mahendra Ibn Muhammad Adam
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

2016, Sepuluh Peristiwa Besar yang Harus Anda Ketahui

Menurut Facebook selama 2016 ini publik dunia banyak membicarakan pemilihan Presiden AS, politik Brasil, Pokemon Go dan lain-lain. Benarkah?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menurut  Facebook selama 2016 ini publik dunia banyak membicarakan pemilihan Presiden AS, politik Brasil, Pokemon Go, Black Lives Matter, pemilihan Presiden Filipina, Olimpiade, Brexit, Super Bowl, David Bowie, dan Muhammad Ali. Data ini disampaikan Sheida Neman seorang analis di Facebook. Namun saya berpendapat beda, karena berdasarkan ketertarikan saya, maka tahun 2016 ini  ada  10 berita besar dunia. Berikut ini saya susun tidak menunjukkan urutan waktu dan ukuran.

Pertama, penelitian tentang ganja dapat mengurangi kepadatan tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis. Ganja juga meningkatkan kehilangan memori. Kemudian THC (tetrahydrocannabinol) dalam ganja dalam kadar tertentu dapat mencegah kematian sel saraf.

Kedua, Aplikasi NUZZEL. Meskipun Nuzzel dirilis pada tahun 2015, ia mendapatkan popularitas lebih tahun 2016 ini. Aplikasi ini menyentuh sudut sosial yang bekerja dengan baik. Perhatian dengan aplikasi berita yang mengandalkan kurasi sosial adalah bahwa hal itu dapat menciptakan ruang gema. Namun bisa memilih untuk membaca berita bersama oleh teman dan dari teman, yang merupakan jaringan sosial yang lebih luas yang akan memberikan artikel berita lebih beragam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketiga, berita populer datang dari Walter Alvarez  seorang profesor Departemen Ilmu Bumi dan Planet di Universitas California, Berkeley. Ia dikenal sebagai ahli geologi yang terbaik untuk hipotesis bahwa dampak meteor di pantai Yucatan 66 juta tahun yang lalu menyebabkan kepunahan dinosaurus. Ia bekerja sama dengan ayahnya, Luis Walter Alvarez (seorang fisikawan eksperimental yang membuka jalan bagi penemuan baru partikel subatomik, bekerja sama memenangkan Hadiah Nobel dalam Fisika). Alvarez Menulis tentang evolusi mustahil dari tubuh kita, dia bertanya, “Bagaimana jika simetri bilateral tidak pernah muncul? Bagaimana jika rahang tidak berevolusi? Bagaimana jika dinosaurus tidak punah? Bagaimana jika penemuan biologi lainnya kita hampir tidak dapat membayangkan telah membentuk jalur evolusi?” Pendapat professor ini sangat bertentangan dengan opini umum di Dunia yang mengagungkan teori Darwinisme.

Keempat, peristiwa besar berikutnya adalah pemilu presiden AS. Donald Trump dan Hillary Clinton bersaing ketat dan akhirnya dimenangkan oleh Donald Trump.

Kelima, ini memang bukan menyangkut peristiwa ekonomi du nia thun 2016 tapi rekap data yang full selesai  tahun 2015 yang full dicatat selesai saat tahun 2016 (Kalau dunia ingin mengmabil  data 2016 maka haru smenunggu di tahun 2017). Menurut data WTO, perdagangan dunia selama 2015 menunjukkan bahwa akumulasi perdagangan (barang) dunia dari Asia, Eropa dan Amerika Utara mencapai 88%  selama 10 tahun terakhir (2005-2015). Ini berarti kegiatan ekonomi di benua Afrika, dan Amerika Selatan dan Australia hanya 12%. Sebagian Eropa Barat, Amerika Serikat dan China masing-masing perdagangannya mencapai lebih dari 500 miliar dolar pada tahun 2015 saja. Ini menunjukkan kekuatan dunia ada pada Amerika  Serikat, China, Inggris dan beberapa negara Eropa Barat.

Berikutnya, peristiwa keenam, Juno, pesawat ruang angkasa. NASA meluncurkan pesawat ruang angkasa Juno pada tahun 2011, dan setelah perjalanan hampir lima tahun, ia harus pergi ke orbit sekitar Jupiter pada 4 Juli 2016. Misi Juno adalah untuk mengintip di bawah awan Jupiter dan mengumpulkan data dan gambar untuk mempelajari lebih lanjut tentang asal-usul planet, atmosfer dan struktur, dan apa yang mendorong medan magnet. NASA mengatakan Juno akan mencapai kecepatan 265.000 km/jam, menjadi  “Objek bergerak tercepat buatan manusia sepanjang sejarah.”

Ketujuh adalah aksi damai 7 juta lebih umat Islam di sekitaran Monas pada 2 Desember 2016 untuk menyuarakan ditegakkannya keadilan atas Basuki Tjahya Purnama Gubernur DKI Jakarta terkait dugaan penistaan Al-Qur’an. Aksi super damai ini tidak menimbulkan kerusakan bahkan lapangan dan jalan dibersihkan setelah aksi selesai. Saya menyaksikan sendiri betapa khidmatnya aksi 212 ini.

Kedelapan ini, juga menyedot perhatian publik dunia adalah Olimpiade di Brasil. Olimpiade akhirnya datang ke Amerika Selatan pada tahun 2016, dengan Rio de Janeiro sebagai kota tuan rumah. Golf dan Rugby termasuk  olahraga baru untuk 2016, dan akan ada total medali 306 emas yang diperebutkan. Rio juga akan menjadi tuan rumah ke-15, musim panas Paralimpiade, meskipun akan datang musim dingin di belahan bumi selatan pada saat itu.

Kesembilan, peristiwa besar berikutnya adalah di bulan September sebuah apartemen Tate Modern  di London yang di kemudian hari direnovasi berdinding transparan. Apartemen ini dikritik para pembeli bahkan pembeli akan menjualnya  karena mengganggu privasi mereka.

Terakhir (kesepuluh), peristiwa besar pembantaian dan pembunuhan manusia di Palestina, Suriah, Myanmar,  Irak dan negara lainnya. Terkhusus di Palestina, Suriah dan Irak perang sudah tidak benar lagi, mengapa rakyat sipil ikut terbunuh? Kalau pun terjadi perang, seharusnya antara tentara dengan tentara saja, sedangkan rakyat sipil tidak boleh terbunuh. Saya teringat sejarah Soekarno dan Palestina, hingga saat kekuasaannya sudah berpindah ke Soeharto pada 1966, Soekarno tetap pada pendiriannya dalam hal perjuangan Palestina melawan Israel. Dalam pidatonya pada hari ulang tahun RI ke-21, Soekarno menyatakan, “Kita harus bangga bahwa kita adalah satu bangsa yang konsekuen terus, bukan saja berjiwa kemerdekaan, bukan saja berjiwa antiimperialisme, tetapi juga berjuang menentang imperialisme. Itulah pula sebabnya kita tidak mau mengakui Israel!

Ikuti tulisan menarik Mahendra Ibn Muhammad Adam lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler