Metamorfosis dari Siswa Menjadi Mahasiswa - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Rico Supriyadi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Metamorfosis dari Siswa Menjadi Mahasiswa

    Hai Buat kalian yang sekarang kelas XII, dan yang berniat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi mau tau tips menjadi mahasiswa

    Dibaca : 2.109 kali

    Hai Buat kalian yang sekarang kelas XII, dan yang berniat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, gimana kabarnya ? sudah persiapan untuk ujian nasional nanti ? sudah memilih perguruan tinggi favorit yang dituju ? sudah berapa buku yang dibaca untuk itu semua ? dan yang terakhir sudah seberapa dekat kalian dengan Allah SWT sang maha pengabul do’a ?
     
    Kalau belum maka mulailah dari sekarang, persiapkan ujian nasional dengan banyak berlatih mengerjakan soal, kemudian mulailah memikirkan perguruan tinggi mana yang kalian pilih untuk melabuhkan hati kalian untuk melanjutkan studi dan mulailah mambaca buku untuk mempersiapkan tes masuk perguruan tinggi kemudian terakhir dan yang paling terpenting lebih dekatkan diri kepada allah karena Dialah dzat yang maha mengabulkan segala permintaan.
     
    Oke disini sebagai seorang yang telah merasakan pahit manisnya dunia kampus, saya akan berbagi cerita tentang apa dan bagaimana dunia kampus. Semoga bermanfaat. Aamiin..
     
    Oke sebelum bercerita tentang apa dan bagaimana dunia kampus, kita harus benar-benar yakin dengan universitas beruntung mana yang akan kita jadikan tempat labuhan hati kita untuk melanjutkan studi, karena bagaimanapun tempat itu akan menajdi tempat sehari-hari selama 4 tahun. Dan dari sanalah masa depan kita dimulai. Setelah memilih universitas yang tepat lalu pikirkan dengan matang-matang jurusan apa yang akan dipilih. Bukan hanya memilih dengan akal tapi istikharah lah dan jangan Cuma satu kali akan tetapi lakukan sampai menemukan jawaban yang pas. Karena dengan begitu hati akan menjadi mantap.
     
    Oh iyah untuk pertimbangan memilih universitas jangan lupa pikirkan hal-hal berikut :
    1.                  Akreditasi universitas
     Universitas yang bagus akan dihuni oleh dosen-dosen yang bagus pula baik secara kualitas ataupun kuantitas, dan tidak dipungkiri bahwa proses transfer ilmu sangatlah erat kaitannya dengan siapa yang mentransfer ilmu tersebut ( dosen/guru) semakin cerdas dan intensif pengajar tersebut maka semakin mudahlah kita menerima ilmu tersebut, karena ada beberapa cerita teman saya bahwa ada dosen yang dikampusnya jarang hadir. Kemudian jika dikampus yang sudah ternama, biasanya banyak mengadakan kagiatan-kegiatan yang positif seperti seminar, lomba-lomba tingkat nasional dan banyak menyediakan beasiswa. Dan keternamaan dan tingkan kebagusan kampus itu bisa kita lihat dari akreditasi kampus itu. maka pilihlah kampus yang terakreditasi A.
    2.                  Tempat kampus itu berada
    Hal ini juga penting. bagaimana tidak, selain hidup di lingkungan kampus, kita juga akan hidup di kawasan kampus itu berada. Apalagi bagi yang berniat nge kost, pilihlah daerah yang biaya hidupnya maurah, dan lingkungannya aman. Ngga kebayang kalau kuliyah di daerah yang sedang konflik, bukannya kuliyah malah ikut perang.. hehe
    3.                  Ridha orang tua
    Hal ini sangat penting karena ridha Allah bergantung pada ridha orang tua. Mintalah ridha orang tua apalagi untuk yang ingin kuliyah ke tempat yang jauh, beberapa orang tua pasti tidak rela ditinggalkan oleh anaknya, akan tetapi dengan melihat kesungguhan anaknya dan bahasa yang halus, pasti orang tua juga akan memilih yang terbaik untuk anaknya.
     

     

    Oke itu beberapa hal yang harus dipikirkan dan disiapkan mungkin masih banyak yang lain, akan tetapi itu adalah beberapa point yang terpenting.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.