Tips Menjaga Kesehatan Pada Hati dan Ginjal

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

pengertian hati dan ginjal, fungsi hati dan ginjal, detoksasi

Hati merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh. Hati terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma. Fungsi dari hati yaitu sebagai alat ekskresi. Sedangkan ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang.

Untuk itu, hati dan ginjal merupakan salah satu organ manusia yang paling penting. Hati sebagai perombak darah dan ginjal sebagai penyaring darah. Mereka sama-sama merupakan bagian dari sistem ekskresi pada manusia dan sama-sama mengolah darah. Ginjal dan hati mempunyai hubungan dalam kerja. Ginjal dan hati merupakan salah satu dari 4 organ ekskresi yaitu organ yang berfungsi untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak digunakan oleh tubuh.

Selain itu, fungsi kedua organ tersebut bermacam-macam. Hati juga terlibat dalam sistem pencernaan pada manusia yaitu dalam proses menetralkan racun di dalam makanan. Hati merombak darah dan ginjal membuang hasil perombakan darah tersebut. Hasil perombakan darah oleh hati berupa empedu yang akan disalurkan menuju ginjal yang selanjutnya dibuang bersama urin.

Berawal dari dalam, usus harus mampu membawa racun dari hati melalui 25 meter usus, juga paru-paru harus mampu bernafas dengan baik untuk menghembuskan gas toksik. Begitu pula dengan kulit yang harus mampu mengeluarkan racun dengan baik.

Agar dapat mencapai proses detoksifikasi yang optimal, semua organ detoks anda harus berada dalam kondisi yang optimal, hanya saja mengingat bahan kimia yang terpapar, organ-organ tersebut mungkin membutuhkan bantuan. Untungnya, ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk memproteksi organ detoks anda dan memperkuat masing-masing organnya dari kerusakan. Dan berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperkuat hati dan ginjal sebagai bagian dari organ detoks agar tubuh dapat melakukan proses detoksifikasi dengan baik.

Memperkuat Hati

Hati bisa menjadi rusak akibat paparan bahan kimia beracun yang mungkin dibawa dari konsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit, minuman keras dan gaya hidup yang tidak sehat. Meski hati bukan hanya organ utama untuk detoksifikasi polutan dan bahan kimia dalam tubuh, namun juga organ vital yang merupakan kunci tersembunyi untuk penurunan berat badan tanpa kesulitan. dan anda bisa melakukan detoksifikasi dalam tiga hari dengan cara, hari pertama, cobalah untuk mengkonsumsi koktail, koktail adalah minuman pembersih hati. Selanjutnya, dihari kedua anda bisa mengkonsumsi makanan peningkat hati seperti telur, kembang kol, kayu manis, pala yogurt, bit dan brokoli. Kemudian dihari ketiga anda bisa mengkonsumsi sayuran dari genus brassica, seperti brokoli, sawi, kubis dan masih banyak lagi, konsumsi makanan ini amat dianjurkan minimal satu porsi dalam satu hari.

Memperkuat Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh manusia yang amat peka karena paparan bahan kimia beracun yang begitu tinggi dalam darah yang tersaring melaluinya. Ketika banyak zat berbahaya yang terakumulasi dalam ginjal, maka fungsi ginjal akan terhambat. Urin yang tidak berbau dan tidak berwarna pada umumnya adalah indikasi bahwa ginjal berfungsi dengan baik. Utamanya, penting sekali mencukupi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi 10 hingga 12 air minum setiap hari. Agar dapat membantu ginjal membilas racun dari seluruh tubuh. Hal ini justru akan berbalik, ketika anda tidak minum cukup air, maka ginjal mungkin dapat terkontaminasi dengan logam yang membuatnya menjadi bengkak, sehingga pada akhirnya mengurangi kemampuan ginjal secara efisien untuk menyaring racun dari dalam tubuh.

Selain itu, kurangi stres yang bisa terjadi pada ginjal, mengurangi stres pada ginjal bisa anda lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang dapat menstimulasi seperti daging merah, teh, kopi, dan makanan yang mengandung garam halus. Sementara itu, apabila anda mengalami masalah dengan ginjal, maka baiknya kurangi asupan protein hewani. Sebaliknya asupan makanan yang dapat memperkuat fungsi ginjal seperti sayuran dan buah-buahan segar, seperti diantaranya kacang hitam, blueberyy, perteseli, lokio, bawang putih, cengkeh dan masih banyak lagi.

Menjaga dan memperkuat organ detoks seperti hati dan ginjal amat penting dilakukan, karena tubuh tidak akan melepaskan bahan kimia berbahaya jika organ detoksnya tidak bekerja dan berfungsi secara optimal. Untuk itulah, tips dan cara diatas diharapkan dapat bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui cara menjaga organ detoks agar menjadi lebih kuat guna mencapai proses detoksifikasi yang optimal. 

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Pevi Revina

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua