x

Iklan

Kens Luk

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Juara kompetisi Data analysis Competition ITS 2017

Data Analysis Competition (DAC) sendiri merupakan bagian dari acara Pekan Raya Statistik (PRS) yang dilaksanakan himpunan mahasiswa statistika ITS

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

UGM sukses menjuarai kompetisi Data analysis Competition dari 300 tim dari perguruan tinggi di seluruh asia tenggara yang dilaksanakan tanggal 16 februari sampai 12 maret 2017 lalu. Tim yang mempunyai anggota Dwi Prasetyo dan Ida Noviandasari dari jurusan Ilmu komputer UGM ini juga meraih penghargaan best presentation.

Data Analysis Competition (DAC) sendiri merupakan bagian dari acara Pekan Raya Statistik (PRS) yang dilaksanakan oleh kolaboresi dari himpunan mahasiswa statistika ITS (Himasta-ITS) dan himpunan mahasiswa diploma statistika ITS (Himadata-ITS) . Dalam acara ini 38 perguruan tinggi ikut dalam lomba dan melalui beberapa tahap perlombaan.

Tema yang diusung dalam acara DAC ini adalah “Statistics Computational Analysis for Solution of Foundation and Development Creative Industry in Southeast Asia” untuk semua team baik mahasiswa program studi Statistika maupun non-Statistika sebagai focus pada bidang komputasi statistika dalam implementasi pengembangan Ekonomi Kreatif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam kompetisi analisis data yang berlangsung pada 11-12 Maret 2017 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini diikuti 300 tim dari 38 perguruan tinggi di kawasan Asia Tenggara. Mengangkat tema “Statistics Computational Analysis for Solution of Creative Industry Enhacement and Development in Southeast Asia”.

Beberapa tahap harus dilalui oleh peserta dari tahap penyisihan yang dilakukan pada tanggal 30 januari – 9 februari 2017. Sampai semifinal pada tanggal 11 maret 2017 di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) terdapat 30 tim yang lolos dari 9 perguruan tinggi yaitu.

  • Sekolah Tinggi Ilmu Statistika
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Islam Indonesia UII
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Padjadjaran
  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Pendidikan Ganesha
  • Zaman University
  • Ton Duc Thang University

Pada tahap Final yang dilangsungkan pada tanggal 12 Maret, pada tahap ini peserta mempresentasikan karyanya di depan 3 pakar statistik sebagai juri, yaitu

  1. Dian Permanasari SST MIDEC, Kepala Sub Direktorat Metodologi dan Analisis Riset
  2. Margareta Ari, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), serta
  3. Unung Istopo Hartanta SSi, Manager Data Mining PT Enciety Bussiness.

Akhirnya terdapat 5 pemenang yaitu Universitas Gadjah Mada sebagai juara 1 dan 5, Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) berhasil menyabet juara ke 2 dan 4, serta Institiut Pertanian Bogor (IPB) berhasil mendapatkan juara 3. UGM dalam ini sakan meraih sukses dengan menyabet penghargaan terbanyak termasuk best poster dan best presentation. Sesuai dengan temanya Himawan Widia Canta, Ketua Panitia DAC 2017 berharap agar mahasiswa mampu mengaplikasikan ilmu statisika dalam dunia ekonomi kreatif.

Ikuti tulisan menarik Kens Luk lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler