x

Seorang seniman asal Mesir, Michael Romany membuat lukisan berbentuk pohon dari pasir di rumahnya di Kairo, Mesir, 25 November 2016. REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

Iklan

Nuraz Aji

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

The Journey of Life

Pameran Tunggal Foto-foto Terbaik Harris Hartantyo with Eka “The Journey of Life”

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pameran Tunggal

Foto-foto Terbaik Harris Hartantyo with Eka

“The Journey of Life”

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

                               

Pameran Foto-foto terbaik Harris Hartantyo dengan obyek foto, seorang aktris teater yang pernah bermain di film “Window”, Eka, dibuka pada Jumat malam, 10 Februari  2017 mengusung tema “The Journey of Life.” Eka banyak menjelaskan tentang ketertarikannya kepada dunia Psikologi, ia menambahkan bahwa itu bukan berarti ia membenci tema-tema atau kondisi sosial, tetapi baginya Psikologi, emosi dan kejiwaan lebih ia sukai ketimbang Kondisi Sosial.

 

Terang saja tema Psikologi lebih menarik bagi seorang Eka, mengingat latar belakangnya yang dari kecil telah menjadi balerina, yang juga merupakan alumni di salah satu Institut Seni Rupa. Harris Hartantyo sendiri yang telah menggeluti dunia fotografi selama 27 tahun, ia banyak menerangkan tentang apa itu perbedaan taking picture dan making picture.

 

“Setiap orang tentu bisa selfi, tapi tidak setiap orang bisa menjadi fotografer.” Oleh sebab itu dijelaskan Harris Hartantyo bahwa memotret merupakan suatu ekspresi diri untuk menangkap dan mengabadikan sebuah moment. Hasil fotonya pun juga tidak sembarangan, bagaimana sebuah foto bisa menjadi hidup dengan posisi di mana ia menjadi sebuah karya yang bercerita.

 

Selfi kini telah menjadi aktifitas seni modern yang tanpa sadar dilakukan oleh kebanyakan orang. Dengan mengusung tema The Journey of Life,  Harrris Hartantyo berkarya dari sisi yang lain, dengan waktu dan jam terbang yang tidak diragukan lagi. Perjalanannya selama 27 tahun telah membuktikan bahwa fotografi sudah menjadi kehidupannya dalam berkomunikasi.

 

Pelajaran menarik yang dapat diambil dari pameran Foto-foto terbaik Harris Hartantyo ini adalah tentang bagaimana caranya berkarir tetap di dalam box sambil berkarya out of comfortable box. Tentu saja itu tidak mudah, dan barang siapa yang bisa melakukannya niscaya itu adalah kebahagiaan yang tak ternilai.

 

Pameran ini berlangsung dari 10-15 Februari 2017 di Balai Soedjatmoko, Jl. Slamet Riyadi No. 284, Solo pukul 09.00-21.00.

 

Balai Soedjatmoko, 10 Februari 2017

 

 

Ikuti tulisan menarik Nuraz Aji lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler