x

Penyiar Ira Koesno di studio SCTV Jln. Gatot Subroto, Jakarta, 30 Januari 2004. TEMPO/Hendra Suhara

Iklan

TD Tempino

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Ira Koesno: Tahan Dulu

Sukses di putaran pertama membawakan acara debat, Ira didapuk lagi oleh Komisi Pemilihan Umum Jakarta untuk menengahi silang kata antara dua pasangan calon

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Malam ini jangan kemana mana,  Maksud saya anda jangan keluar rumah kalau  tidak ada urusan sangat penting.  Warga yang masih kerja di kantoran segera saja pulang, pastikan anda sudah duduk di sofa depan tipi sebelum pukul 19.00 Waktu Indonesia Barat.   Pasalnya Rabu, 12 April 2017 ada tayangan langsung yang sangat menarik.  Debat final  mempertemukan Anis Sandi dengan Ahok Djarot dalam rangka Pemilihan Kepala Daera Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Tentu saja ada paslon yang unggul ditandai dengan tepok tangan meriah dan ada juga yang grogi klagapan dengan bonus huuuuuu.  Namun bagi saya yang menarik adalah Presenter  Ira Koesna.  Mau tahu usianya, 47 tahun.  Wah sudah tua ya untuk ukuran wanita desa, tetapi bagi wanita kareir,  kata orang sana usia itu sedang matang matangnya.  

Sukses di putaran pertama membawakan acara debat, Ira didapuk lagi oleh Komisi Pemilihan Umum Jakarta untuk menengahi silang kata antara dua pasangan calon yang ngebet menjadi Gubernur Jakarta. Ira Koesno mampu mengendalikan debat ditengah suasana seru, riuh dan panas penuh emosi.  2 kata yang sangat terkenal di saat itu : Tahan Dulu menjadi jargon Ira dalam mengendalikan acara dengan perkiraan  rating tertinggi  malam ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saya tak hendak membahas sisi sisi mocer  paslon karena itu urusan masing masing pendukung.   Lebih enak berdiri dalam posisi netral sehingga objektivitas penilaian akan lebih jernih tak terpengaruhi oleh perasaan sana sini.  Perhatian akan lebih tertuju pada gestur masing masing kandidat.  Gestur tubuh adalah gerakan alamiah dari pembawaan masing masing orang.  Bahasa tubuh ini otomatis tak terkendali oleh motorik sebagai mekanisme pertahanan dari seseorang yang sedang dalam keadaan terdesak.

Dalam keadaan terdesak gestur seseorang akan sangat nyata berbeda dibanding ketika dia bersikap santai.  Apalagi emosi tinggi sangat mempengaruhi bahasa tubuh.  Sebagai pengamat budaya justru hal hal kecil seperti inilah yang paling enak dibahas dari pada program kerja dan visi misi.  Bukan saya melalaikan atau mengabaikan  kehebatan masing masing paslon  namun dalam suasana debat final seperti ini nampaknya pemilik suara syah akan lebih melihat kematangan seorang calon gubernur.

Ira Koesno piawai dalam "menggoda" suasana hati dan perasaan peserta debat. Pertanyaan yang disampaikan dengan lugas  dalam tatanan intonasi suara yang jelas terkadang membuat kandidat terpesona.  Terpesona itu adalah suasana dimana seseorang hilang ingatan sejenak apakah karena takjub melihat paras cantik atau bersebab hilang kosentrasi ketika menyaksikan wajah rupawan.  Coba perhatikan durasi antara keluarnya pertanyaan Ira Koesno dan jawaban paslon, hal ini  akan menentukan siapa yang lebiih cepat menangkap secara sempurna makna dari pertanyaan.

Point yang ingin saya sampaikan  disini adalah bahwa pemenang debat malam nanti adalah Ira Koesna. Ira Koesno lebih populer malam nanti mengalahkan kharisma Anies dan Ahok.  Sedangkan pemenang  Pilkada DKI baru akan kita ketahui dari perhitungan Quick Count pada hari H Rabu, 19 April 2017 Pukul 14.00 wib. Jadi tidak salah kan judul tulisan artikel ini.  Selamat menyaksikan, jangan kemana mana setelah pesan berikut ini.

 

Ikuti tulisan menarik TD Tempino lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB