x

Iklan

Benni Sinaga

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Dimulai dari Infrastruktur Desa

Tulisan ini merupakan tulisan dari pengalaman pribadi yang pernah terjadi di desa Harian Boho di Kabupaten Samosir.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dimulai Dari Infrastruktur Desa

 

Desa Di Indonesia lebih kurang 12.000 desa, kekuatan ini menjadi pelopor kemajuan bangsa. Bagaimana caranya desa di Indonesia menjadi pelopor kemajuan.Desa harus di kelola dengan analisis Swopa. Analisis ini membuat kita bisa membangun desa dengan efektif dan efesien. Swopa adalah analisis yang melihat kekuatan, kelemahan, peluang, masalah dan tindakan. S= Streng, W= Weakness, O= Opputunity, P= Problem, dan A= Action.

Selama ini Desa tidak dimanajemen dengan baik, sehingga banyak desa yang tidak terurus. Dana desa harus bisa dipergunakan untuk membangun desa menuju desa yang modern dan mandiri. Dana desa harus digunakan efektif dan efesien untuk membangun desa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pernahkah kita berpikir bahwa negara mempunyai desa yang kuat maka negara itu akan kuat dan hebat. Seperti kata pepatah ” Belajarlah dari Negeri Cina”, pepatah ini sangat benar, Cina merupakan negara kuat dan hebat, di abad 21 ini, Cina merupakan negara yang disegani dan perkembangannya luar biasa. Bangsa Cina hampir sama dengan Indonesia, negara kepulauan, negara luas dan banyak penduduk.

Persamaan itulah yang harus dimanfaatkan oleh Indonesia, untuk bisa mengimbangi pertumbuhan yang begitu besar. Negara Cina maju karena mereka melakukan program membangun di mulai dari desa. Indonesia telah mengeluarkan UU desa. UU ini harus di implikasikan untuk membangun desa. Dengan dana desa, desa-desa yang ada di Indonesia harus dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan desa dan negara, karena desa Maju Negara akan sejahtera. Desa merupakan aset yang potensial yang bisa dikembangkan untuk membantu pembangunan nasional. Pemberdayaan Potensi desa merupakan hal yang strategis untuk memberantas kemiskinan desa.

Aset-aset yang ada pada desa merupakan kekayaan masa depan dalam membangun kehidupan masyarakat yang sejahtera. Pemerintah telah menganggarkan dana desa untuk pembangunan desa.Dana desa yang telah dianggarkan harus dipergunakan sebaik-baiknya untuk pembangunan desa, jangan sampai dana desa hanya di pergunakan untuk program  pencitraan desa.

Manajemen Desa

Manajemen desa yang terorganisir perlu digalakkan untuk membangun desa yang efektif dan efesien. Manajemen desa yang dimaksud adalah manajemen yang terpadu. Manajemen terpadu yang dimaksud adalah.

  1. Perencanaan anggaran desa, perencanaan program pembangunan desa dan perencanaan sumber daya yang ada.
  2. Pengorganisasian sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada
  3. Pelaksanaan  apa yang telah direncanakan baik itu dana dan program yang akan dilakukan.
  4. Pengawasan akan apa yang di rencanakan dari, anggaran desa, program pembangunan dan lainnya.

Desa harian Boho kabupaten Samosir menyimpan kekayaan alam yang begitu banyak, mulai dari air terjun, pemandangan danau yang Indah.Desa harian Boho Samosir membutuhkan perhatian dari pemerintah, mulai dari sarana transportasi, yaitu pembangunan jalan raya yang layak, karena jalan harian Boho banyak yang belum tersentuh aspal. Pembangunan jalan yang layak menjadi perhatian pemerintah daerah maupun propinsi untuk Samosir yang lebih maju. Apalagi Samosir mau menjadi destinasi pariwisata dunia. Infrastruktur seperti jalan merupakan langkah prioritas pemerintah. #InfrastrukturKitaSemua.

 

Ikuti tulisan menarik Benni Sinaga lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler