x

Iklan

Ade Herawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Kondisi Jalan Raya di Papua

Menjelaskan tentang kondisi jalan raya di Jayapurai

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Infrastruktur merupakan instrumen untuk memperlancar berputarnya roda perekonomian sehingga dapat mempercepat akselerasi pembangunan. Semakin tersedianya infrastruktur maka akan merangsang pembangunan di suatu daerah. Infratsruktur berguna untuk memudahkan mobilitas penduduk, memperlancar distribusi barang-jasa, dan tentunya memperlancar perdagangan antarderah.

Selama ini, kita melihat ketimpangan pembangunan yang begitu besar antara Wilayah Indonesia Barat dan Wilayah Indonesia Timur. Namun, tidaklah demikian dengan apa yang saya alami di tahun 2016. Tepatnya di bulan November, tugas pekerjaan membuat saya harus tinggal di Kabupaten Jayapura. Ketika pertama kali mengelilingi wilayah tersebut saya sangat terkejut. Sebelum tiba di sana, dalam bayangan saya kondisi jalan raya di sana sangat buruk, sama halnya ketika saya melihat tayangan-tayangan di televisi tentang jalan raya di daerah-daerah pedalaman atau perbatasan Indonesia. Jalan raya yang masih berupa tanah, becek ketika musim hujan dan kalaupun beraspal banyak lubang di sana-sini. Tidaklah demikian dengan pemandangan yang saya lihat saat itu.

Sepanjang perjalanan sekitar 1 jam dari Kabupaten Jayapura ke Kota Jayapura, saya benar-benar dibuat kagum. Kondisi jalan beraspal yang bagus dan mulus, ditambah dengan arus lalu lintas yang lancar, membuat saya bangga menjadi warga Negara Indonesia. Ternyata kondisi jalan raya di sana tidak kalah bagus dengan kondisi jalan raya kota-kota besar di Pulau Jawa. Ditambah dengan panorama alam yang indah, sebelah kanan saya disajikan kesegaran Danau Sentani sedangkan di sebelah kiri disambut dengan hamparan bukit-bukit hijau layaknya Bukit Teletubbies di kawasan Gunung Bromo, membuat saya semakin kagum dengan pemandangan di sana. Satu hal yang membuat saya sangat terkejut adalah ternyata di Jayapura tepatnya di daerah Entrop sedang dibangun jalan tol, uniknya tol tersebut dibangun di atas teluk. Ternyata tidak hanya di Bali kita mempunyai tol laut. Mungkin hal ini pula yang menjadi pertimbangan Jayapura sehingga dapat dipercaya sebagai tuan rumah PON XX 2020.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ke depan saya berharap pembangunan jalan raya di Jayapura bisa lebih baik dari sekarang. Jalan tol di kawasan Entrop bisa segera diselesaikan dan perbaikan jalan dapat merata ke seluruh wilayah Papua, tidak hanya terfokus di Jayapura sebagai ibukota provinsi. Hal ini sejalan dengan fokus utama pemerintahan presiden Joko Widodo yaitu pembangunan infrastruktur.

Jalan raya mempunyai peranan yang penting dalam pembangunan di suatu daerah. Jayapura sebagai salah satu daerah di Wilayah Indonesia Timur memiliki kualitas jalan raya yang baik, hal ini merupakan kemajuan positif untuk mengejar ketertinggalan Jayapura dari daerah-daerah lain di Indonesia. Ada 2 rekomendasi saya untuk pemerintah daerah setempat. Pertama, penyempurnaan Penerangan Jalan Umum (PJU). Cukup banyak di titik-titik tertentu masih belum terpasang PJU. Hal ini tentunya bisa berbahaya bagi pengguna jalan raya ketika malam hari, selain itu juga terkait masalah keamanan. Kedua, pendirian pos polisi di titik-titik tertentu. Sudah menjadi rahasia umum bahwa masalah keamanan menjadi problem utama di Papua, demikian pula di Jayapura. Pendirian pos polisi ini untuk mengurangi tingkat perampokan yang sering terjadi di jalan raya di sana, terutama di malam hari.

Akses jalan raya yang baik akan merangsang pembangunan sehingga perekonomian dapat bertumbuh. Tumbuhnya perekonomian di suatu daerah akan meningkatkan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya dapat memperbaiki taraf hidup masyarakat di daerah tersebut.

 *Disusun untuk Mengikuti Lomba #InfrastrukturKitaSemua

Ikuti tulisan menarik Ade Herawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

1 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB