x

Sejumlah pekerja mengangkut drum aspal di Pabrik Aspal Gresik (PAG) Pertamina, Gresik, Jawa Timur, 29 April 2016. PT Pertamina (persero) MOR 5 menargetkan produksi pengisian aspal 2016 meningkat. ANTARA/Moch Asim

Iklan

Indrato Sumantoro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Aspal Buton: 'I Have a Dream'

Aspal Buton adalah sebuah “Mimpi” yang mungkin tidak akan ada seorang pun yang berani memimpikannya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

“I have a dream” adalah pidato yang terkenal dari Martin Luther King Jr, seorang penerima hadiah Nobel dan aktivis HAM dari Amerika Serikat, yang disampaikan pada tahun 1963 di Washington DC. Salah satu kalimat yang menginspirasi penulis dalam menulis tulisan ini adalah: “I say to you today, my friends, so even though we face the difficulties of today and tomorrow, I still have a dream“.

Industri Aspal Buton adalah sebuah “Mimpi” yang mungkin tidak akan ada seorang pun yang berani memimpikannya, karena masalah aspal Butonpada hari ini dan masa yang akan datang adalah sangat kompleks. Masalah aspal Buton bukan saja masalah tehnis, tetapi masalah yang sebenarnya, dan yang paling utama adalah masalah non tehnis. Itulah sebabnya mengapa sudah hampir 1 abad lamanya, wacana untuk membangun dan mengembangkan industri aspal Buton masih belum dapat direalisasikan. Sudah banyak pemikiran,dan harapan untuk membangun industri aspal Buton, tetapi semuanyakandas, dan tidak ada tindaklanjutnya.Lalu apa yang harus kita lakukan sekarang ?

Sekarang saya akan bermimpi. Itulah yang akan saya lakukan, meskipun semua orang mengatakan bahwa itu adalah perbuatan yangsia-sia. Saya rasa bermimpiitu adalah lebih baik dari pada hanya berpangku tangan, dan tidak berbuat apa-apa sama sekali.Anggap saja bermimpi itu adalah sebuah ikhtiar. Hari ini sayamempunyai mimpi bahwa sudah ada Investor yang akan membangun Pabrik ekstraksi aspal Buton di pulau Buton. Pabrik akan memproduksi aspal Buton “full” ekstraksi untuk dapat menggantikan aspal minyak impor. Meskipun kapasitas Pabrik masih kecil, tetapi ini adalah sebuah langkah awal yang bagus sekali untuk dapat membuktikan bahwa aspal alam Buton mampu menggantikan aspal minyak impor. Meskipun dengan dibangunnya Pabrik ini, devisa yang bisa dihemat masih minim, tetapi semua yang besar itu memang harus selalu diawali dari yang kecil dulu. Demikian juga dengan perjalanan yang panjang dan melelahkan untuk mencapai cita-cita industri aspal Butonakan sangat ditentukan oleh sebuah langkah pertama. Oleh karena itu,hari ini sayamempunyai mimpi bahwa langkah pertama yang bersejarah itu sudah dimulai. Pulau Buton yang dulunya kelihatan sepi dari kegiatan industri aspal Buton, sekarang sudah mulai tampakgeliat aktifitas penambangannya. Ekscavator dengan suaranya yang menderu-deru bergerak dengan lincah mengeruk lapisan batuan aspal, dan memindahkannyake atas bak truk-truk yang sudah berbaris mengantri menunggu muatannya. Kemudian truk-truk itu akan bergerak maju beriring-iringan menuju lokasi Pabrik dengan sangat hati-hati agar selalu dapat sampaike tujuan dengan selamat. Setiba di lokasi Pabrik, batuan aspal Buton akan dicurahkan di suatu tempat penampungan yang sangat luas. Dan kegiatan ini berjalan terus menerusseolah-olah tidak mengenal lelah. Roda dan dinamika kehidupan industri aspal Buton pun sudah mulai tampak berjalan dengan penuh semangat dan gairah.

Hari ini sayamempunyai mimpi bahwa bahan baku batuan aspal Buton yang sudah dihaluskan disalurkan dengan menggunakan conveyor ke dalam reaktor di dalam Pabrik. Di dalam reaktor batuan aspal Buton akan dicampur dengan pelarut untuk melarutkan bitumennya. Kemudian fase cair dan fase padat akan dipisahkan, dan dipanaskan untuk menguapkan pelarutnya. Pelarutnya yang sudah berada dalam fase gas akan dikondensasikan sehinggaakan menjadi fase cair untuk dapat didaur ulang, dan dikembalikan lagi ke dalamreaktor untuk proses ekstraksi selanjutnya.Setelah semua pelarut menguap, makaakan terbentuk aspal alam murni atau bitumen, dan produk samping yang berupa batu gamping. Aspal alam murni akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan produk akhir sesuai dengan spesifikasi tehnis untuk pelapisan jalan. Sedangkan produk samping,yang berupa batu gamping,akan digunakan sebagai bahan baku Pabrik Gypsum. Dengan demikian semua produk-produk Pabrik mempunyai nilai tambah, dantidak ada limbahnya sama sekali.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hari ini saya mempunyai mimpi melihat wajah-wajah cerah dan senyum bahagia dari rakyat yang tinggal di pulau Buton, karena batuan aspal Buton yang sudah hampir 1 abad diketemukan, akhirnya dapat diolah dan dimanfaatkan untukkesejahteraan rakyat. Banyak lapangan kerja baru tercipta sehingga akan berdampak signifikan terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi di pulau Buton. Mitos mengenai sabuk aspal yang mengikat erat pulau Buton akhirnya dapat terlepas bebas.Sekarang rakyat Buton sudah dapat bernapas lega, karena akan segera mempunyai harapan baru untuk menraih cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia; yaitu Indonesia menjadi negara yang adil dan makmur, yang akan diawali dari pulau Buton.

Hari ini sayamempunyai mimpi bahwa dalam memperingati 1 abad aspal Buton yang akan jatuh pada tahun 2024 nanti, semua jalan-jalan di seluruh Indonesia sudah mengunakan aspal Buton, mulai dari Sabang di Aceh, hingga Merauke di Papua. Sebuah Tugu Monumen yang megah akan didirikan terbuat dari aspal alam Buton murni. Di bawahnya akan ada batu marmer yang besar bertuliskan: “Kalau Mimpi sudah Jelas, semua Energi di muka bumi akan mendukung. Bagaikan Matahari yang terbit di timur pada pagi hari, tidak ada sesuatupun yang akan mampu menghalang-halanginya “. Kata-kata Mutiara ini adalah untuk mengingatkan kita kepada generasi muda penerus bangsa bahwa “mimpi” itu adalah perlu untuk menggapai sebuah tujuan hidup dan cita-cita yang jelas. Mimpi yang berasal dari lubuk hati yang paling dalam insya Allah akan dapat menjadi kenyataan, asalkan kita selalu yakin dan percaya dengan kemuliaan dari “Mimpi” kita tersebut. Mimpi saja masih belum cukup. Kita wajibdan harus selalu berikhtiar sekuat tenaga, dan memohon kepada Allah SWT agar diberi petunjuk, kekuatan, dan ridhoNya, sehingga akhirnya mimpi kita bisa menjadi kenyataan.

Hari ini saya mempunyai mimpi bahwa dalam 10 tahun ke depan Indonesia sudah tidak perlu mengimpor aspal minyak lagi. Bahkan Indonesia sudah menjadi eksportir aspal alam Buton yang terbesar di dunia.Marilah kita sekarang bersama-samaberani mempunyai mimpi besar untuk membangun dan mengembangkan industri aspal Buton. Semoga saja Allah SWT masih memanjangkan umur kita, dan mengizinkan kita untuk dapat menyaksikan mimpi-mimpikita ini menjadi kenyataan.Alangkah indahnya hidup ini seandainya saja semua mimpi-mimpikita inibenar-benar dapat menjadi kenyataan dalam waktu yang tidak akan lama lagi.

Ikuti tulisan menarik Indrato Sumantoro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu