x

Iklan

Jemmy Gumayel

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pengaturan Lalu Lintas Di Pagi Hari Wujud Pelayanan Polantas

Polres Musi Rawas - Polda Sumsel

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Musi Rawas, Sumsel – Polisi Lalu Lintas (Polantas) merupakan etalase Polri terdepan yang ditampilkan dalam pelayanan Kepolisian di Jalan Raya. Hampir setiap pagi disetiap sisi jalan terdapat Polantas yang sedang melaksanakan penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas.

Seperti yang dilakukan, jajaran Polantas Musi Rawas pada (10/10) sekira jam 06.30 Wib, terlihat 3 (tiga) Polantas yang sedang berjaga di bundaran Agropolitan Kecamatan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas.

Kegiatan ini merupakan aktivitas rutin Polantas di pagi hari. Kapolres Mura AKBP Pambudi, SIK melalui Kasat Lantas AKP Budi H Sutrisno, SH, SIK menjelakan bahwa ada 5 (lima) tugas pokok Polantas berdasarkan UU Nomor 22/2009.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Polantas berfungsi dalam bidang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor dan Pengemudi, Penegakan Hukum, Operasional Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, serta pendidikan berlalu lintas” ujar Kasat Lantas.

Dijelaskan Kasat “melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli (Turjawali) terhadap kegiatan masyarakat dan pemerintah sesuai kebutuhan merupakan Tugas Polri secara umum, hal ini sebagaimana termasuk dalam pasal 14 UU 2/2002. Oleh sebab itu tidak hanya Polantas, namun fungsi Kepolisian berseragam lainnya dapat melaksanalam Turjawali” ujarnya.

Pada saat melaksanakan penjagaan dan pengaturan lalu lintas, Petugas di lapangan dapat memberhentikan Pengemudi kendaraan Bermotor yang melakukan pelanggaran terlihat (kasat mata) secara langsung.

Ikuti tulisan menarik Jemmy Gumayel lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler