x

Iklan

sarpin apin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pubertas Dini vs Pubertas ‘Normal’

Mengetahui apa yang membedakan pubertas dini dari pubertas normal akan membantumu mengidentifikasi kondisi yang tidak diketahui ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bila anak mulai pubertas lebih awal dari biasanya, kondisinya dikenal sebagai pubertas dini. Tapi sebagai orang tua, kamu mungkin bertanya-tanya apakah anakmu benar-benar mengalami pubertas dini atau hanya mengalami pubertas normal sedikit lebih awal dari biasanya.

Perbedaan antara pubertas dini dan pubertas normal biasanya sampai pada usia muda, kata Pisit Pitukcheewanont, MD, direktur klinis program tulang anak-anak di Center for Endocrinology, Diabetes and Metabolism at Children's Hospital Los Angeles.

Pubertas pada anak perempuan dianggap lebih awal dari biasanya ketika mereka payudara mereka tumbuh pada usia antara 8 dan 10,5. Sedangkan bagi anak laki-laki, pubertas awal dari biasanya terjadi ketika mereka ada perkembangan testis yang membesar antara usia 9 dan 12,5 tahun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam kasus ini, usia tulang akan sesuai dengan usia kronologisnya. Usia pubertas yang benar-benar dewasa sebelum waktunya terjadi ketika anak-anak menunjukkan tanda-tanda pubertas sebelum usia 8 untuk anak perempuan dan usia 9 tahun untuk anak laki-laki.

Tanda Anak Sudah Memasuki Masa Pubertas

Beberapa perubahan tubuh lainnya yang seringkali membuat orang tua khawatir tentang masa pubertas sebelum waktunya. Misalnya, Vuguin mengatakan bahwa dia melihat banyak anak obesitas yang mulai memiliki bau badan dan rambut kemaluan. Tapi tidak menunjukkan payudara atau testis yang membesar, maka perubahan hormonal lainnya dan pubertas dini tidak akan mempengaruhi perkembangan anak.

Menstruasi memang terjadi pada pubertas dini, namun Vuguin mengatakan bahwa ini bukan tanda peringatan dini. Itu karena haid terjadi rata-rata sekitar dua tahun setelah payudara mulai tumbuh.

Bagi anak remaja yang mulai berjerawat juga bisa menjadi salah satu tanda masa pubertas, sehingga bisa anak-naka mulai menanyakan cara menghilangkan jerawat dan bekasnya serta memakai obat jerawat, ada baiknya untuk diawasi agar tidak salah perawatan

Jika seorang anak tumbuh lebih tinggi dan lebih cepat daripada anak-anak lain seusianya, itu bisa menjadi pertanda pubertas masa kanak-kanak daripada pubertas normal, tapi di sini sekali lagi, ini harus terjadi dengan adanyan perubahan utama yaitu payudara mula atau testis yang mulai membesar.

Jenis-jenis Pubertas Dini

Ada dua jenis pubertas dini: sentral dan perifer. Menentukan perbedaan melalui pengujian sangatlah penting karena setelah kita tahu jenisnya baru kita tahu perawatannya.

"Inti dari pubertas dini terjadi ketika kelenjar di otak yang menghasilkan hormon tidak rusak karena beberapa alasan," kata David L. Hill, MD, seorang dokter anak di North Carolina dan penulis buku Dad to Dad: Parenting Like a Pro .

"Tanda-tanda meliputi perkembangan payudara awal dan pertumbuhan rambut kemaluan pada anak perempuan atau pembesaran testis awal dan perkembangan rambut kemaluan pada anak laki-laki.

Perifer pubertas dini terjadi ketika organ seks atau kelenjar adrenal menghasilkan terlalu banyak hormon. Terkadang anak perempuan akan mendapat tanda-tanda pubertas seperti tanda yang anak laki-laki alami, tapi ini tidak selalu terjadi. "

Jika kamu melihat tanda-tanda awal pubertas dini atau khawatir bahwa perkembangan anakmu tidak normal, mulailah dengan tanya pada dokter anak. Dengan menggunakan tes darah sederhana dan sinar-X, dokter dapat mendiagnosa pubertas dini.

Ikuti tulisan menarik sarpin apin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB