x

Iklan

Prabu Bathara Kresno

PNS Kementerian Sosial RI
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Apel Siaga Tagana, Puncak Jambore yang Memukau

Jambore dan Bhakti Sosial Tagana Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Minahasa (27/10/2017) – Taruna Siaga Bencana (Tagana) melaksanakan Apel Siaga Tagana yang meruakan puncak kegiatan Jambore dan Bhakti Sosial Tagana ASEAN +3 di Stadion Maesa Tndano, Minahasa, Kamis (26/10). Jambore yang dilaksanakan untuk yang ke 11 kalinya ini mengangkat  tema “Beragam Untuk Bersatu, Bersatu Dalam Penanggulangan Bencana.”

Relawan tagana yang berasal dari beragam profesi, mulai dari sipil, dokter, militer, hingga sarjana maupun magister dari berbagai disiplin ilmu. Para relawan pun selalu sigap jika terjadi bencana yang dapat datang sewaktu-waktu.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, Harry Hikmat, mengatakan “kegiatan Jambore Tagana ini juga harus dirasakan oleh masyarakat. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan membersihkan eceng gondok disekitaran danau tondano ini. Agar apa yang dilakukan oleh tagana memiliki nilai manfaat untuk masyarakat disini.”

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Kegiatan bhakti sosial tagana ini selain membersihkan eceng gondok di danau tondano juga dilakukan kegiatan bhakti sosial pemeriksaan mata gratis serta penyerahan bantuan berupa kaki palsu dan alat pendengaran bagi  masyrakat sekitar,” ujarnya.

Tagana sendiri terbentuk pasca bencana tsunami yang melanda Provinsi Aceh tahun 2004 silam. Oleh karena itu, relawan Tagana dituntut untuk menjadi lini terdepan dalam setiap penanganan bencana yang terjadi di seluruh pelosok Indonesia.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA), Adhi Karyono, menyampaikan “pihaknya rutin mengadakan Jambore Tagana sebagai ajang uji kompetensi di lapangan. Hal ini sebagai bentu kesiapsiagaan, begitu ada bencana, tagana itu paling lambat hadir kurang dari satu jam.”.

Sesuai dengan motto kerja Kementerian Sosial yaitu "We Are The First to Help And Care", maka dalam penanggulangan bencana, unsur tagana menjadi frontline yang hadir paling lambat satu jam setelah terjadi bencana itu sudah dibuktikan.

Salah satu tujuan Jambore Tagana tersebut bertujuan untuk melakukan konsolidasi secara nasional dan mengukur kemampuan tagana dari setiap daerah di seluruh Indonesia melalui lomba-lomba dan pembinaan di lapangan.

Antusias peserta mengikuti event tahunan tersebut kata dia cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari jumlah peserta yang hadir melebihi kapasitas undangan yang ditentukan. "Namun kita tidak bisa melarang, karena mereka menggunakan biaya sendiri," ujar Adhy.

Sebelum memulai Apel Siaga Nasional Tagana dam ASEAN + 3 seluruh anggota Tagana mengikuti parade budaya. Masing-masing pasangan perwakilan dari Provinsi mengenakan busana khas adat daerahnya.

Parade Budaya yang melintasi kota Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara menuju Lapangan God Bless Minahasa depan Kantor Bupati. Mendapatkan perhatian khusus dari masyarakat Minahasa. Banyak warga yang  menyaksikan pawai budaya berselfie ria bersama peserta parade.

Parade dibuka dengan tarian adat, dengan barisan diikuti oleh pakaian adat, Tagana Khusus, pemain musik cakalele, para perintis, pemegang pataka,  pemain drum band dan peserta tagana yang mengenakan pakaian PDH lengkap.

Keriuhan parade ini sangat terasa ketika bunyi musik angklung dan pukulan drumband dimainkan dan bergema di Minahasa. Dentuman yang menutupi bisingnya kendaraan yang lalu lalang di sekitaran lokasi kegiatan.

Atraksi parade budaya yang merupakan rangkaian kegiatan apel siaga tagana memperlihatkan kesatuan dan persatuan bangsa. Menunjukkan bahwa negara Indonesia terdiri dari berbagai macam suku budaya yang bersatu dalam ke-Bhinneka Tunggal Ika-an.

Parade apel siaga tagana ini merupakan atraksi yang sangat memukau massyrakat yang menyaksikannya, sehingga masyarkat mengabadikan kegiatan tahunan tagana yang dihelat di Minahasa. (KAS/JSK)

Ikuti tulisan menarik Prabu Bathara Kresno lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler